Peran Penting Game Master


DI DALAM sebuah permainan escape room , ada sosok game master . Dialah otak di balik tantangan sebuah escape room sekaligus orang yang bertanggung jawab atas keseruan game yang harus dipecahkan para peserta.

Tugas game master ini, membuat para peserta bisa masuk ke dalam cerita yang akan mereka pecahkan tekatekinya. “Tugas mereka membuat tema dan alur cerita yang akan diselesaikan oleh setiap peserta yang mengikuti permainan ini,,” ujar Nuki Indah Aristiantip, pengelola Totem Room Escape. Game master juga punya tugas mendampingi para peserta escape room .

Setiap ada peserta yang sedang memecahkan tantangan permainan, game master akan memantau setiap pergerakan mereka. Jika para peserta membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan misinya, game master diperbolehkan membantu. “Kita diperbolehkan memberikan dua kali bantuan ,” ujar Anthoni Yulius, Manager StoreXcape Indonesia.

Tidak hanya itu, game master juga yang nantinya akan meneliti setiap ruangan yang dipakai oleh peserta escape room . “Jadi, setelah para peserta selesai bermain, game master akan langsung mengecek keadaan ruangan yang dipakai dan merapikannya kembali, apakah terdapat kerusakan atau tidak,” tutur Anthoni. Anthoni juga menuturkan, hanya game master lah yang boleh masuk ke dalam ruangan permainan untuk mengecek setiap barang yang terdapat di sana.

“Bahkan cleaning service saja tidak boleh masuk ke ruangan itu karena ada barang yang langka dan sensitif yang harus dijaga. Beberapa barang di dalam ruangan memang ada yang cukup sulit didapatkan di Indonesia dan itu sangat sensitif. Kadang-kadang ada saja peserta yang tidak sengaja merusak barang yang ada di ruangan ini,” ungkap Anthoni. Untuk setiap barang yang rusak, game master jugalah yang nantinya bertugas untuk memperbaiki semuanya karena mereka yang paling mengerti tentang seluruh properti yang terdapat dalam permainan ini.

“Jadi game master itu multitasking . Mereka pemandu permainan, mengecek perlengkapan, sampai mereka juga yang memperbaiki properti yang rusak,” seloroh Anthoni.

Andari novianti

(ars)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *