Menghitung Berapa Bunga Deposito 100 Juta di Bank BRI

Deposito merupakan salah satu layanan bank yang dalam prinsipnya berbeda dengan menabung mengingat ada bunga lebih tinggi yang ditawarkan. Banyak orang bertanya berapa bunga deposito 100 juta di Bank BRI karena menggiurkan.

Bunga yang ditawarkan pihak bank akan menjadi perbandingan paling utama bagi nasabah untuk memilih bank mana yang paling untung. Meski suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh BI menjadi acuan tetapi pada prinsipnya masih ada beberapa perbedaan. Berikut ini cara menghitung berapa bunga deposito 100 juta di bank BRI dan juga prinsip di dalamnya:

Perubahan Suku Bunga

Seperti yang dikatakan sebelumnya, BI sebenarnya sudah memberikan acuan untuk deposito itu sendiri. Dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2021 ini, bunga deposito berada di angka 3,50% sejak bulan Februari lalu hingga April.

Berbagai perubahan suku bunga dari pihak bank sudah pasti akan ikut terdorong ketika terjadi perubahan acuan yang dikeluarkan. Hal ini menjadi informasi paling utama ketika hendak mendepositokan uang ke dalam bank BRI.

Suku Bunga Deposito BRI

Bank BRI sendiri punya penawaran yang berbeda-beda dalam pemberian suku bunga bagi nasabahnya yang hendak menjalankan deposito. Besar bunga akan bergantung pada seberapa besar dana yang akan didepositokan serta jangka waktu berapa lama penyimpanannya.

Baca Juga :  Aturan Penalti Deposito BRI dan Resiko Pencairan Sebelum Jatuh Tempo

Ada tenor berbeda yang ditawarkan mulai dari yang singkat yaitu 1-3 bulan saja, ada pula yang panjang mulai dari 6-36 bulan. Untuk jangka waktu singkat sendiri, dana 100 juta rupiah akan mendapat bunga di angka 2,85%. Di sisi lain ketika mau mendepositokan 100 juta dalam waktu 6-36 bulan, nasabah akan mendapat bunga di angka 3%.

Rumus Menghitung Bunga

Penghitungan bunga yang didapatkan dari deposito sendiri bisa dihitung dengan menggunakan rumus yang disesuaikan dengan besar bunga. Secara mudah, rumus yang dipakai yaitu:

Jumlah deposito x Bunga deposito x 80% (setelah kena pajak) x 30 (hari dalam sebulan) : 365 (setahun) x lama tenor

Memang terlihat sedikit rumit tetapi sebenarnya penghitungan bisa dilakukan dengan mudah tergantung pada lama tenor. Secara mudah, untuk tenor 1-3 bulan sendiri dengan uang awal 100 juta, nasabah akan mendapat keuntungan sekitar 190 ribuan per bulannya. Sedangkan untuk tenor jangka panjang di 6-36 bulan, bunga setiap bulan berada di angka 200 ribu.

Keuntungan Deposito di BRI

Ada beberapa keuntungan nasabah yang mendepositokan sejumlah uangnya di BRI yaitu tenor bisa diperpanjang dengan mekanisme ARO. Selain itu, suku bunga yang ditawarkan tergolong bersaing dengan bank lainnya, masih tergolong cukup tinggi. Selain itu, nilai deposito juga tidak akan mendapat potongan biaya admin yang seringkali terhitung cukup banyak jika dikalkulasi.

Baca Juga :  Kredit Tanpa Agunan Bank Jatim dengan Pencairan Mudah

Deposito pun dapat dicairkan sebagian ketika ada suatu kebutuhan mendadak meskipun memang ada syarat dan peraturan tertentu tentang ini. Pemberian dana ke bank ketika melakukan deposito sudah tidak perlu melalui pembayaran secara cash, ini pasti menyulitkan nasabah. Sudah ada penerimaan uang melalui transfer bank dari BRI maupun bank lain hingga dari rekening.

Jadi pada dasarnya berapa bunga deposito 100 juta di bank BRI sangat tergantung pada lama tenor yang diambil oleh nasabah. Secara garis besar, semua tenor memang memberikan keuntungan, sebaiknya disesuaikan saja dengan kebutuhan uang. Jika ada proyek investasi yang baru berjalan tahun depan, deposito bisa menjadi pilihan dalam menabung karena uang tidak berkurang.

Check Also

Inilah Suku Bunga Deposito BRI 10 Juta Berdasarkan Jangka Waktu yang Dipilih

Setiap bank memang memberikan penawaran produk yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Salah satunya adalah Bank …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *