Pilihan Menabung Emas di Bank dengan Berbagai Keuntungan

Saat ini, emas menjadi instrumen investasi yang banyak diminati mengingat keamanannya yang paling tinggi. Emas sendiri merupakan nilai logam mulia yang setiap waktunya akan mengalami kenaikan meskipun memang tidak sebesar instrument lainnya. Selain Antam, bisa juga menabung emas di bank yang sebenarnya punya tingkat keamanan sama dan mudah.

Investasi di emas sendiri lebih mirip seperti menabung uang dengan menggunakannya untuk membeli emas batangan. Emas sendiri sangat sulit tergerus inflasi nilainya jadi penurunan nilai emas sangat jarang atau bahkan sangat sulit terjadi. Ada banyak tempat yang melayani investasi emas termasuk dengan menabung emas di bank yang mirip seperti membuka rekening baru.

1. Tabungan Emas BRI

Seperti badan lain yang ada di naungan BUMN, BRI juga menyediakan layanan untuk membuka tabungan emas baru. Persyaratannya mirip dengan yang ada di Pegadaian dengan produk tabungan yang mirip dengan produk-produk di sana juga. Tidak ada perbedaan berarti dari produk yang ada di BRI jika dibandingkan dengan produk dari bank BUMN lainnya.

Di BRI sendiri, tabungan emas ditawarkan bagi masyarakat yang ingin mencicil kepemilikan emas sebagai bentuk tabungan. Jadi di bank ini, nasabah tidak harus selalu membeli emas dalam berat tertentu, bisa dengan cicilan yang disesuaikan.

Baca Juga :  Berikut Ini Syarat Gadai Emas yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Pinjaman

Semua emas yang ditawarkan BRI sendiri adalah emas yang murni dengan kadar karat di angka 24. Ada berbagai pilihan sertifikat untuk produk emas tersebut mulai dari yang dikeluarkan oleh Antam sebagai pihak terkemuka atau pihak lainnya. Beberapa pecahan yang dapat menjadi pilihan untuk ditabung yaitu mulai dari 5 gram hingga paling besar 250 gram.

2. Tabungan Emas BNI

Berbeda dengan di BRI, BNI memiliki kriteria tersendiri untuk jenis tabungan bank yaitu diletakkan pada layanan iB Hasanah. Pengelolaan tabungan bank dijalankan menggunakan prinsip syariah yang berdasar pada aturan-aturan dalam agama islam. Tersedia pilihan layanan untuk membeli emas dalam bentuk batangan di iB Hasanah itu sendiri.

Di BNI, ketika membuka tabungan bisa dengan memilih angsuran yang nantinya dapat dibayarkan setiap bulannya untuk pembelian emas. Pembiayaan sendiri bisa berlangsung selama 2-5 tahunan tetapi memang perlu menyiapkan dokumen tertentu untuk syarat.

BNI Syariah dalam perjalanannya berganti nama menjadi Bank Syariah Indonesia sehingga dalam pelayanannya pun berantu menjadi Cicilan Emas BSI. Sudah ada banyak peraturan dan regulasi yang akan mempermudah nasabah ketika hendak menabung emas di bank ini.

Baca Juga :  Gadai Emas Tanpa Surat Di Pegadaian, Bisakah? Begini Penjelasannya!

Semua produk yang ditawarkan di dalamnya menggunakan prinsip cicilan dengan akad jual beli, jadi tidak bisa secara tunai. Keunggulan yang ditawarkan yaitu cicilannya yang ringan, waktu angsuran fleksibel, uang muka 20% saja, serta aman dan cicilannya tetap.

3. Tabungan Emas BCA

Terakhir ada tabungan emas dari bank swasta terkemuka yaitu BCA dengan penawarannya tabungan emas yang berprinsip syariah. Akad yang dipakai yaitu akad murabahah dalam setiap transaksi yang terjadi antara bank dengan nasabah penabung emas.

Semua emas yang ada punya tingkat karat 24 dan pecahannya sendiri dimulai dari 10 gram sampai yang terbesar di angka 250 gram. Seperti di bank BUMN, BCA juga menghadirkan uang muka rendah untuk cicilan emas yaitu hanya berada di angka 20% saja.

Menabung emas di bank memang memberikan tingkat keamanan sangat tinggi jika dibanding menyimpan sendiri di rumah. Tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan emas mengingat semuanya disimpan dengan baik oleh pihak bank sendiri. Emas akan menjadi instrumen yang bagus dalam menabung karena nilainya yang cenderung meningkat dan tidak terpengaruh inflasi.

Check Also

Bank BKE Saham Diakuisisi oleh Shopee, Simak Faktanya Melalui Ulasan Ini!

Pada masa sekarang, sebagian besar orang telah memanfaatkan layanan baik deposito ataupun kredit yang telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *