Bank Plecit adalah Salah Satu Media Pinjaman, Simak Penjelasannya!

Kebutuhan akan dana secara mendadak biasanya membuat masyarakat mencari jalan pintas untuk mendapatkannya. Kebanyakan, masyarakat masih meminjam dana dari lembaga pinjaman yang angsurannya bisa mingguan atau harian. Bank plecit adalah sebutan untuk lembaga keuangan seperti ini.

Ada beberapa aspek yang perlu diketahui seputar bank plecit. Mulai dari angsuran, bunga, hingga legalitasnya. Pemahaman ini perlu diketahui agar masyarakat tahu mana lembaga keuangan yang perlu digunakan dan mana yang perlu dihindari. Berikut penjelasan mengenai bank plecit secara lengkap:

Pengertian Bank Plecit

Bank plecit adalah salah satu jenis lembaga keuangan yang melakukan program pinjaman kepada masyarakat untuk pencairan dana yang cepat. Lembaga ini banyak digunakan oleh masyarakat karena lebih sederhana dalam prosesnya daripada di bank konvensional. Karena di bank konvensional membutuhkan banyak syarat untuk pengajuan.

Sebenarnya bank plecit tergolong lembaga yang legal. Karena dalam praktiknya ada perjanjian dari dua belah pihak untuk saling bersinergi memberi pinjaman dan membayar. Namun sayangnya, masih sering terjadi ketimpangan atau ketidakseimbangan yang terjadi. Nasabah sering kali dirugikan dengan pengadaan bunga yang besar.

Karakteristik Bank Plecit

Ada beberapa karakteristik umum yang ada di bank plecit. Beberapa hal yang akan diungkap di bawah ini bisa dijadikan pembeda dengan lembaga bank yang ada di masyarakat. Agar tidak terjerat dalam bank yang tergolong merugikan, semua dasar di bawah ini harus diketahui. Berikut beberapa di antaranya:

Baca Juga :  7 Hal Penting Terkait dengan Bank DBS Tangerang yang Perlu Diketahui sebelum Mencoba Layanannya

1. Bunga Besar

Bunga yang ada di bank plecit tergolong besar dibanding lembaga keuangan resmi lainnya. Jika di lembaga keuangan resmi, bunga yang diberikan berkisar antara 8% sampai dengan 19% untuk satu tahun. Sedangkan untuk bank plecit sebesar 5% sampai dengan 10% untuk satu bulan pembayaran pinjaman.

2. Penagihannya dengan Sistem Harian

Berbeda dengan lembaga keuangan lain yang menggunakan sistem bulanan untuk angsurannya, bank plecit menggunakan sistem harian. Jadi setiap hari harus menyisihkan uang untuk angsuran yang nantinya ditagih oleh pegawai bank plecit. Karena sistem harian inilah orang awam akan sulit mengetahui kalau bunganya besar.

3. Mudah Ditemukan di Daerah yang Sepi

Wilayah sasaran bank plecit adalah di daerah yang tidak terlalu ramai. Misal pasar-pasar atau desa yang penduduknya relatif kaum menengah ke bawah. Karena biasanya, di wilayah seperti ini banyak orang awam yang kurang mengenal sistem kerja bank plecit. Jadi akan mudah terbujuk untuk mengajukan pinjaman.

4. Jika Sudah Terlilit, Sulit untuk Lepas

Karakteristik terakhir dari bank ini adalah sulitnya terlepas jika sudah terlilit hutang. Sistem bank ini adalah dengan menggaet nasabah sebanyak-banyaknya. Sehingga nasabah yang pinjamannya hampir lunas akan dibujuk untuk meminjam lagi. Jika sudah terbujuk dan meminjam ulang, maka akan sulit untuk terlepas.

Baca Juga :  Ketahui Cara dan Biaya Transfer ke Luar Negeri Bank Mandiri terbaru

Cara Terhindar dari Bank Plecit

Bank plecit adalah bank tidak resmi yang memberi kerugian pada masyarakat untuk jangka panjang. Maka dari itu, masyarakat harus bisa bersinergi untuk memeranginya. Ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk melakukan hal tersebut. Simak beberapa daftar cara di bawah ini:

  • Jangan mudah tergoda bujuk rayu bank plecit.
  • Tumbuhkan kekompakan di wilayah sekitar untuk menghindari bank plecit yang masuk wilayah.
  • Buat gerakan memerangi bank plecit di daerah pasar.
  • Gunakan jasa pinjaman di lembaga keuangan resmi seperti koperasi, bank, atau pegadaian.

Itulah beberapa hal mengenai bank plecit yang harus diketahui. Karena bank plecit adalah lembaga yang tidak memberi manfaat jangka panjang, maka harus segera dihindari. Gunakan beberapa cara lain untuk mencari dana. Jangan hanya tergiur pada proses yang mudah tapi bunga yang dibebankan sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *