Ketahui Persyaratan Pinjaman Bank Danamon Jaminan AJB yang Wajib Dipersiapkan

Melakukan pinjaman di salah satu bank memang kerap kali dilakukan masyarakat. Hal ini disebabkan karena masyarakat membutuhkan dana dalam jumlah besar untuk kebutuhan tertentu. Salah satunya yakni dengan melakukan pinjaman Bank Danamon jaminan AJB. Dimana bank ini memang memberikan beragam pelayanan yang dapat dijadikan pilihan.

Jenis AJB yang Dapat Dijadikan Jaminan

AJB dapat diartikan sebagai akta yang digunakan kedua belah pihak pada saat melakukan jual beli berupa properti. Memang AJB ini dapat dijadikan sebagai jaminan apabila seseorang ingin melakukan pinjaman di sebuah bank. Berikut penjelasan terkait berbagai jenis AJB yang dapat diajukan untuk melakukan pinjaman di Bank Danamon:

1. SHM

SHM dijadikan bukti bahwa nasabah tersebutlah yang memiliki tanah maupun bangunan yang dijadikan jaminan. Sangat banyak yang menjadikan sertifikat ini sebagai jaminan jenis AJB yang sangat aman. Selain itu, sertifikat ini bisa diperoleh atau didapatkan melalui BPN. Kantor tersebut nantinya akan membantu seseorang membuat SHM ini untuk kavling tanah yang dimiliki.

2. HGB

HGB juga menjadi salah satu jenis AJB yang dapat dijadikan sebagai agunan ketika ingin meminjam dan di Bank Danamon. Surat ini tentunya tidak menuntut pemilik harus mempunyai sebidang tanah. Akan tetapi pemilik dari surat HGB ini mempunyai hak mengelola tanah tersebut dana memanfaatkan untuk membuat bangunan.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud dengan Deposito Berjangka? Simak Penjelasannya di Sini!

3. Harus Akta Fidusia

Akta yang diajukan apabila ingin melakukan pinjaman harus terdaftar di Fidusia. Memang konsep yang dimiliki lembaga ini bertujuan untuk menyerahkan kepemilikan asli ke pihak lain. Meskipun tanah maupun bangun masih digunakan oleh pemilik asli. Dengan begitu, apabila seorang nasabah gagal membayar angsuran tentu rumah tidak akan disita.

Persyaratan yang Dibutuhkan

Apabila jenis AJB yang bisa dijadikan sebagai agunan telah diketahui, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan. Persyaratan tersebut harus sehingga memudahkan nasabah apabila ingin melakukan pinjaman di Bank Danamon. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan terkait dengan persyaratan pinjaman Bank Danamon jaminan AJB:

1. FC Akta Tanah yang Asli

Surat akta tanah yang dilampirkan harus di fotocopy (FC) terlebih dahulu oleh nasabah. Dimana bentuk dari surat ini seperti buku tulis pada umumnya namun ukurannya sedikit lebih panjang. Tujuan dari adanya surat ini adalah sebagai tanda bukti bahwasanya nasabah tersebut adalah pemilik dari tanah yang dijadikan agunan.

2. FC Surat Hak Milik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwasanya SHM termasuk sebagai jenis AJB yang dapat dijadikan jaminan. Nantinya pemilik wajib melampirkan foto copy dari surat tersebut sebelum melakukan pinjaman di bank. Adapun isi dari surat ini antara lain surat ukur, buku tanah, maupun nomor dari surat tersebut.

Baca Juga :  5 Pilihan Tabungan Bank OCBC NISP Surabaya untuk Nasabah

3. FC Bukti Pembayaran PBB

PBB memang harus dimiliki bagi seseorang yang mempunyai tanah maupun bangunan yang dijadikan sebagai tanda bukti. Dengan kata lain bahwa surat ini berkaitan dengan bukti pembayaran pajak atas bangunan yang dimiliki. Nantinya, bukti pembayaran tersebut harus di fotocopy dan dilampirkan pada saat mengajukan pinjaman.

4. FC IMB

Izin Mendirikan Bangunan juga dibutuhkan apabila seseorang ingin mengajukan pinjaman di lembaga keuangan yakni Bank Danamon. Biasanya surat ini bisa diperoleh dari Kepala Daerah untuk masyarakat yang akan mendirikan bangunan. Memang surat ini juga dapat dijadikan sebagai bukti bahwa nasabah benar adanya bangunan yang dijaminkan.

Itulah penjelasan terkait dengan jenis AJB yang dapat dijadikan sebagai agunan oleh seorang nasabah. Selain itu, untuk melakukan pinjaman ini tentunya beragam syarat yang perlu disiapkan. Memang syarat untuk pinjaman Bank Danamon jaminan AJB ini sangat mudah ditemukan dan tentunya dimiliki nasabah.

Check Also

Bunga Deposito Bank Danamon dan Berbagai Pembiayaannya

Deposito diartikan sebagai produk berjangka yang bisa disebut juga sebagai aset berharga. Bank Danamon merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *