Pinjaman Tanpa Riba Bank Islam dan tentunya Halal

Pinjaman dana merupakan salah satu alternatif dalam menyiasati adanya krisis keuangan yang menimpa seseorang atau badan usaha sekalipun. Namun beberapa orang sangat selektif dalam memilih pinjaman yang bisa mendekatkannya pada dosa seperti riba. Untuk hal tersebutlah yang menjadi alasan hadirnya pinjaman tanpa riba bank Islam yang halal. Ini daftarnya:

1. Pinjaman Syariah Ammana

Ammana adalah salah satu perusahaan fintech lokal pertama yang hadir dalam upaya membantu pendanaan UMKM melalui beberapa programnya. Pendanaan ini bersifat bersama dan juga tentunya halal karena menggunakan sistem yang dinamai dengan crowdfunding. Calon peminjam wajib menjadi anggota terdaftar di Ammana terlebih dahulu.

Cara meminjam nya cukup mudah, nantinya Ammana akan menawarkan dua jenis produk pinjaman berbeda. Pinjaman pertama berbentuk pinjaman langsung dan yang kedua itu pinjaman tak langsung. Setelah mendaftar jan jadi anggota, peminjam akan diberikan pendampingan terlebih dahulu sebelum bisa meminjam dana. Setelah semua persyaratan dipenuhi dan lolos nantinya akan dilakukan akad untuk pencairan dana.

2. Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Bank yang baru-baru ini dihasilkan dari proses merger 3 bank syariah di Indonesia ini juga memiliki produk pinjaman. Beberapa produk tersebut diantaranya adalah BSI usaha mikro, BSI KUR, serta BSI KUR Petani. Ketiga jenis pinjaman tersebut memiliki target nasabah yang berbeda-beda.

Baca Juga :  Syarat Pinjam Uang di Bank Syariah dan Panduan Pengajuan Pinjaman

Dalam menegakkan syariat Islam, BSI juga menerapkannya pada sistem pinjaman yang mereka miliki. Ada juga 3 jenis akad yang bisa dilakukan pada pinjaman ini di antaranya adalah akad mudharabah yang berbasis bagi keuntungan. Kemudian ada akad Al Musyarakah yang berbasis kerja sama dan terakhir Al mUzaraah yang digunakan dalam akan pinjaman pertanian.

3. Pinjaman Syariah Al Salaam

Dana dari Pembiayaan Al Salaam Syariah ini disediakan dari pihak BPRS Al Salaam dengan pinjaman minimal 15 Juta rupiah. Jangka waktu untuk melunasinya bisa sampai dengan 60 bulan dengan beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi. Pinjaman ini juga sudah terdaftar di Badan OJK.

Pinjaman ini bisa diajukan secara online melalui situs resmi dari BPRS AL Salaam. Syaratnya juga cukup mudah dan bisa dilihat pada situs resminya. Meskipun secara online, namun jangan coba untuk berbohong mengenai persyaratan. Hal tersebut disebabkan pihak AL Salaam tetap akan melakukan survei untuk memastikan pemohon dapat melunasi hutangnya.

4. Murabahah Bank Syariah Bukopin

Pinjaman tanpa riba bank Islam selanjutnya adalah Murabahah dari bank Syariah Bukopin. Murabahah sendiri merupakan salah satu produk pendanaan dengan dasar jual beli barang pada harga semula dengan keuntungan yang disepakati. Akadnya berupa jual beli dari Bank dengan nasabah dengan barang yang dibeli oleh Bank terlebih dahulu dan dijual pada nasabah dengan keuntungan untuk bank.

Baca Juga :  Tertarik untuk Mencoba Deposito Bank Sinarmas? Ketahui Beberapa Hal Penting Sebagai Berikut

Manfaat dari produk ini antara lain untuk pemenuhan modal kerja atau hal lain bersifat konsumtif. Kemudian angsuran akan berjumlah tetap selama perjanjian berlangsung. Ketentuannya, peminjam harus berupa perorangan atau badan usaha dengan dp atau uang muka minimal 20% dari harga beli barang tersebut.

5. Modal Kerja BCA Syariah

Produk ini merupakan langkah penyediaan dana yang ditawarkan BCA pada nasabah untuk keperluan jangka pendek hingga menengah melalui prinsip syariah. Tujuannya untuk dapat memenuhi kebutuhan modal kerja dan menolong usaha nasabah dengan akad jual beli. Nantinya barang yang diinginkan akan dibeli oleh pihak bank terlebih dahulu, lalu akan dijual pada nasabah dengan keuntungan sesuai kesepakatan.

Nah itu dia beberapa produk pinjaman tanpa riba bank Islam yang ada di Indonesia. Adanya Bank syariah ini dapat membantu perekonomian masyarakat yang ingin meminjam namun tetap ingin terhindar dari dosa riba.

Check Also

7 Perbedaan BMT dan Bank Syariah, Jangan Sampai Salah Paham!

Saat ini, memang tidak dapat dimungkiri bahwa tersedia berbagai lembaga yang mengurusi persoalan keuangan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *