Ketentuan Gadai BPKB Mobil di Bank BCA Ternyata Begini, Simak Sampai Habis!

Keperluan hidup yang semakin tinggi setiap harinya memaksa sebagian orang untuk gadai BPKB mobil di bank BCA, agar memperoleh sejumlah dana. Menjadi salah satu bank yang sudah lama berdiri, membuat sejumlah nasabah tidak ragu lagi untuk melakukan berbagai jenis transaksi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pemberian sejumlah dana kepada debitur oleh pihak bank sebenarnya beragam, tergantung dari jenis pinjaman yang dilakukan. Bagi debitur yang mengajukan gadai BPKB mobil di bank BCA pasti sedikit atau banyaknya telah mengetahui syarat dan kebijakan yang diberlakukan oleh pihak bank. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni:

1. Umur Maksimal Mobil

Hal utama yang paling dilihat dari pinjaman yang memberikan agunan kendaraan adalah usia maksimal dari mobil yang digadaikan. Artinya dalam berapa lama usia kendaraan tersebut dari masa pembelian dan tahun dikeluarkannya. Usia dari sebuah mobil menjadi perhatian, dikarenakan akan mempengaruhi jumlah dana yang diajukan.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab jika kendaraan tersebut adalah produk pengeluaran lama tau barang tua, maka tidak akan banyak jumlah dana yang bisa diberikan pihak bank. Jumlah tersebut berpengaruh terhadap nilai jual beli kendaraan saat ini, usia maksimalnya yaitu 14 tahun saat pembelian.

2. Jangka Waktu

Penentuan terhadap jangka waktu yang diberikan pun tergantung dari hasil penggadaian mobil. Apabila pada umumnya pinjaman berlangsung selama 2 tahun, maka maksimumnya dapat diperpanjang menjadi 4 tahun. Sebenarnya ini adalah masa waktu pinjaman yang terbilang pendek.

Baca Juga :  Aset Bank BCA dengan Nilai Peningkatannya yang Sangat Tinggi

Dikatakan pendek, karena untuk pinjaman dengan agunan lainnya seperti rumah biasanya akan memiliki jangka waktu setidaknya hingga 10 tahun. Hal ini disebabkan perbedaan aset gadai. Untuk kendaraan seperti, mobil ataupun motor selalu mengikuti dan mengantisipasi turunnya harga kendaraan di pasaran.

3. Minimum Kisaran Harga Kendaraan

Dalam melakukan pegadaian dengan mobil sebagai barang yang digadaikan, nilai minimumnya harus 50 juta dn tidak bisa kurang. Pihak bank menetapkan harga tersebut untuk mengantisipasi kerugian jika debitur tidak sanggup untuk melunasi cicilan. Patokan dari nilai minimum tersebut adalah hal wajar dan memang biasanya diterapkan oleh bank lainnya.

Bank juga berhak menolak untuk mencairkaan sejumlaah dan yang diminta debitur jika nilai gadai tidak mencapai ketentuan yang diberikan. Pasalnya resiko kerugian bisa saja dialami oleh pihak bank. Oleh sebab itu presentasi di bawah 50 juta akan langsung ditolak.

4. Pemohon Hukum

Adanya ketentuan terhadap kendaraan, harus mempunyai kriteria yang dapat terpenuhi. Pemohon atau yang bersangkutan adalah orang yang patuh dan menghormati hukum. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan memberikan sejumlah keterangan diri seperti KTP dan lainnya. Keterangan tersebut sangatlah penting untuk pihak bank, sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan ke depannya.

Baca Juga :  Ketentuan dan Persyaratan Pinjam Uang di BCA Melalui Personal Loan

Bayangkan jika seorang debitur yang menggadaikan kendaraan bukanlah orang yang mengerti hukum, maka akan sangat beresiko. Akan ada hal-hal yang bisa terjadi, bahkan kekeliruan yang menimbulkan kerugian besar seperti adanya pengambilan tindakan pidana bisa saja terjadi.

5. Mempunyai Pekerjaan Tetap

Berikutnya, mempunyai pekerjaan dengan penghasilan yang tetap per bulannya. Mengapa hal tersebut juga dipertanyakan? Pembayaran cicilan angsuran akan terus berjalan tiap bulannya, jika seseorang tidak mempunyai penghasilan, maka pelunasan angsuran akan mustahil terlaksana. Itulah mengapa pendapatan pasti harus dimiliki oleh seorang debitur.

Itulah hal penting terkait gadai BPKB mobil di bank BCA yang perlu diketahui dan dipahami. Penjelasan yang menginformasikan hal serupa dapat ditemukan dalam berbagai media informasi yang ada saat ini. Update selalu persyaratan ataupun ketentuan gadai kendaraan pada situs resmi bank yang akan digunakan.

Check Also

Berikut Ini Cara Aktivasi Layanan Finansial BCA Tanpa ke Bank dengan Mudah

Salah satu kebutuhan sekarang ini adalah melakukan transaksi meskipun harus dirumah saja. Namun, tidak perlu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *