Tukar Uang Lama di Bank BRI Mudah dan Cepat, Ini Syarat dan Caranya!

Menabung dalam celengan dengan jangka waktu yang lama memungkinkan uang bertumpuk. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan tukar uang lama di bank BRI yang terdekat dengan domisili. Apakah terdapat ketentuan serta kebijakan saat penukaran uang? Berikut ulasannya.

Apakah bisa Melakukan Penukaran Uang di bank BRI?

Banyak dari masyarakat yang masih gemar menabung dalam sebuah celengan, meskipun saat ini sudah banyak layanan bank. Gaya menyimpan uang dengan jangka waktu yang lama pada sebuah tempat atau wadah berbentuk celengan ternyata beresiko. Sejumlah resiko di antaranya yaitu keamanan, rusak, dan tidak berlakunya uang tersebut.

Tidak hanya itu,  momentum hari-hari besar seperti Idul Fitri dan Imlek biasanya sejumlah orang juga akan melakukan penukaran uang. Oleh sebab itu diperlukan tempat penukaran uang yang aman dan terpercaya.

Syarat Menukar Uang di BRI

Mempunyai sejumlah uang dengan nominal besar namun sudah tak berlaku? Tukar uang lama di bank BRI sekarang juga! Pelayanan yang hadir saat ini tidak hanya berfokus pada tabungan saja namun juga bisa melakukan sejumlah transaksi lainnya. Berikut syarat untuk bisa menukarkan uang yaitu:

  • Terdaftar Sebagai Nasabah. Telah terdaftar sebagai nasabah aktif di bank BRI yang bisa melakukan transaksi dalam jenis apapun termasuk penukaran uang. Memungkinkan untuk para nasabah yang tidak terdaftar untuk terlebih dahulu menjadi bagian. Hal ini ditunjukkan dengan membawa bukti buku rekening aktif.
  • Mempunyai Berikutnya yaitu mempunyai kartu identitas yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP. Bagi yang mempunyai kendala pada kartu identitas seperti, hilang atau sedang dalam masa pengurusan dapat menggunakan SIM atau Paspor. Intinya nasabah adalah orang yang telah terdaftar legal secara kependudukan.
  • Kondisi fisik uang yang akan ditukarkan haruslah uang asli, bukan tiruan ataupun palsu. Pihak bank akan sangat teliti dalam melakukan pengecekan terhadap keaslian tersebut, dimana tersedia pendeteksi uang palsu. Jadi, pastikan bahwa uang yang diperoleh atau didapatkan bukan uang palsu.
Baca Juga :  Pinjaman Bank Mandiri dengan Jaminan Sertifikat Rumah yang Bisa Dipilih

Bagaimanakah Cara Menukar Uang di Bank?

Semua persyaratan telah terpenuhi, maka selanjutnya untuk melakukan penukaran di bank. Untuk layanan ini hanya tersedia secara offline dan belum bisa dilakukan secara online. Hal ini sebab bentuk fisik yang akan ditukarkan salah satunya, berikut tata caranya yaitu:

1. Pengambilan Nomor Urut

Bawa sejumlah uang yang akan ditukarkan, kemudian kunjungi kantor cabang BRI terdekat. Jika sudah, nasabah dapat mengambil nomor urut yang telah disediakan untuk melakukan antrian, lalu tunggu hingga nomor urut terpanggil.

2. Menemui Petugas

Temui petugas dan jelaskan maksud dan tujuan yang dibutuhkan. Jelaskan berapa saja jumlah uang dan nominalnya yang akan ditukarkan. Berikutnya petugas akan memberikan arahan serta penjelasan untuk hal tersebut dengan memberikan respon yang dimengerti nasabah.

Baca Juga :  Ketentuan Bunga Deposito Bank Mega yang Wajib Diketahui Nasabah

3. Lengkapi Formulir

Petugas akan memberikan lembaran formulir yang haru nasabah isikan, dimana di dalam formulir tersebut terdapat beberapa keterangan dan ketentuan. Baca dan cermati setiap kalimat yang tertera hingga akhirnya mengerti dan menuliskan jawaban dari setiap pertanyaan yang tertulis.

4. Pengecekan

Jika telah selesai mengisi formulir, nasabah akan diminta menyerahkan sejumlah uang yang ingin ditularkannya. Pada tahap ini pengecekan fisik akan dilakukan, apakah uang tersebut asli atau tidak. Jadi, pastikan sebelumnya uang yang dibawa adalah uang asli.

5. Tunggu Proses Penukaran

Langkah terakhir yaitu, menunggu proses yang dilakukan oleh petugas bank. Biasanya pada tahap ini tidak akan memakan waktu yang lama. Terdapat beberapa proses yang akan dilakukan oleh pihak bank sebelum menyerahkan uang baru yang dibutuhkan nasabah.

Nah, tukar uang lama di bank bri saat ini cukup mudah bukan? Hanya dengan datang lalui penuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku maka uang baru sudah bisa didapatkan. Proses dan sistem yang terdapat didalamnya juga cepat dan mudah.

Check Also

Inilah Suku Bunga Deposito BRI 10 Juta Berdasarkan Jangka Waktu yang Dipilih

Setiap bank memang memberikan penawaran produk yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Salah satunya adalah Bank …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *