Ketahui Cara dan Biaya Transfer ke Luar Negeri Bank Mandiri terbaru

Saat ini dengan kemajuan zaman yang cukup pesat, berkirim uang merupakan hal yang mudah. Melakukan pengiriman uang dalam negeri bahkan ke luar negeri pun sudah bisa dilakukan dengan cepat. Layanan tersebut juga sudah disediakan oleh Bank Mandiri. Jika ingin mengetahuinya, berikut adalah cara dan biaya transfer ke luar negeri Bank Mandiri terbaru:

1. Pergi ke Cabang Terdekat

Dalam melakukan pengiriman atau transfer uang ke luar negeri di Bank Mandiri ada beberapa cara yang bisa dilalui. Salah satu caranya adalah dengan pergi ke kantor cabang Mandiri terdekat. Pelayanan ini bisa dilakukan pada seluruh cabang mandiri yang ada di lokasi terdekat.

Melakukan pengiriman uang di kantor cabang bisa memiliki beberapa kelebihan seperti keamanan yang lebih. Hal ini karena biasanya melakukan pengiriman uang ke luar negeri tidak dilakukan dengan jumlah yang sedikit. Terdapat jumlah minimum yang bisa dikirimkan ke luar negeri, sehingga sangat beresiko jika dilakukan hanya melalui via telepon.

2. Menuju Teller

Ketika berada di kantor Bank mandiri, nasabah bisa langsung mengisi formulir keperluan untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Setelah selesai, nasabah perlu menunggu beberapa saat jika terdapat antrian. Jika tidak ada antrian, nasabah bisa langsung dipanggil oleh teller dan melakukan proses selanjutnya.

Baca Juga :  Jangan Panik, Lupa PIN ATM BNI Tanpa Harus ke Bank Ada Caranya!

3. Sampaikan Tujuan

beritahukan kepada teller bahwa ingin melakukan transfer uang ke luar negeri. Nantinya teller akan memberikan beberapa formulir yang perlu diisikan oleh nasabah. Aplikasi yang harus diisi berupa data transaksi pada bagian transfer ke luar negeri. Mengisi data diri atau badan usaha sebagai pengirim dengan lengkap.

Selain itu data transaksi juga bisa dilakukan melalui menu yang ada pada MIB atau international Transfer dengan MCM. Kemudian nasabah menentukan jenis mata uang yang akan digunakan. Banyak jenis mata uang yang bisa dilayani dalam transaksi pengiriman ini. Mulai dari Dollar amerika sampai dengan dolar singapura bisa dilakukan melalui layanan ini.

4. Menyerahkan Nominal yang Diinginkan

Setelah selesai dengan pengisian aplikasi nasabah akan dimintai keterangan berapa jumlah nominal yang akan dikirimkan. Pada pengiriman uang ke luar negeri di Bank Mandiri terdapat minimal uang yang harus dipenuhi. Jika pengiriman lebih dari 100.000 dollar Amerika, maka harus diikuti dengan dokumen pendukung agar lebih aman.

Setelah memberitahukan berapa nominal yang akan dikirimkan, nasabah diminta untuk menyerahkan uang sejumlah nominal yang sebelumnya sudah disebutkan tadi. Setelah itu akan dilakukan proses penghitungan uang terlebih dahulu, sehingga nasabah perlu menunggu beberapa saat.

Baca Juga :  Ketahui Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri Bank Mandiri Serta Manfaatnya

5. Membayar Biaya Pengiriman

Ketika uang yang akan dikirimkan selesai dihitung dan segala urusan administrasinya sudah dipenuhi, selanjutnya akan ada biaya. Biaya transfer ke luar negeri Bank Mandiri meliputi beberapa hal seperti TT SWIFT yang bisa dikenakan pada pengirim atau penerima. Kemudian ada biaya provisi yang dikenakan terhadap ⅛ persen dari jumlah nominal kiriman uang.

Biaya provisi yang dikenakan, minimal sebesar 5 dollar dan maksimalnya adalah 150 dollar amerika. Kemudian ada biaya lain juga seperti untuk kiriman uang full amount sebesar 25 dollar amerika untuk mata uang USD. Jika selain itu maka biaya kiriman yang akan dikenakan sebesar 30 USD. Bahkan jika nasabah berniat melakukan pembatalan pada saat proses juga akan dikenakan biaya.

Nah itu dia bagaimana cara melakukan transfer uang dan juga biaya transfer ke luar negeri Bank Mandiri. Kini bertransaksi hingga ke luar negeri sudah sangat dimudahkan. Bahkan beberapa bank seperti mandiri sudah melayani pengiriman ke sejumlah negara. Pelayanan seperti ini sangat membantu untuk usaha-usaha atau perorangan yang memiliki keperluan mengirim uang.

Check Also

Ketahui Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri Bank Mandiri Serta Manfaatnya

Bagi nasabah Mandiri sering bertransaksi atau mendapatkan penghasilan dari luar negeri, maka penting untuk mengetahui …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *