Bank BKE Saham Diakuisisi oleh Shopee, Simak Faktanya Melalui Ulasan Ini!

Pada masa sekarang, sebagian besar orang telah memanfaatkan layanan baik deposito ataupun kredit yang telah disediakan dan ditawarkan oleh bank. Salah satu jenis bank yang semakin dicari tahu terkait informasi terkininya adalah Bank BKE saham yang ternyata sudah dibeli Shopee. Bahkan transaksi pembelian bank ini marak dibicarakan pada tahun 2020.

Secara garis besar, dapat diketahui bahwa berita terkait pembelian Shopee terhadap Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) ini populer sejak awal tahun. Kemudian pada sekitar Februari 2021, diberitakan lebih lanjut bahwa induk perusahaan pemilik Shopee, Sea Group telah resmi mengakuisisi Bank BKE. Untuk mengetahui fakta lebih lanjut, silakan simak uraian berikut ini:

1. Dibeli Shopee Melalui Turbo Cash

Pertama-tama, terdapat fakta yang perlu diketahui terlebih dahulu terkait dengajn proses pembelian yang dilakukan oleh Shopee terhadap Bank Kesejahteraan Ekonomi. Walaupun termasuk ke dalam kategori bank yang kecil, tidak menjadikan Bank BKE tidak menarik di mata perusahaan induk Sea Group. Justru sebaliknya, Sea Group memandang Bank BKE sebagai kesempatan besar.

Memiliki kantor pusat di Singapura, Sea Group sebagai induk perusahaan dari marketplace Shopee tidak melakukan pembelian Bank BKE secara langsung. Sea Group memanfaatkan salah satu anak perusahaan yang bernama Turbocash untuk melakukan pembelian saham yang dimiliki oleh Bank BKE. Pembelian saham pun melalui dua tahapan, yaitu pada Januari dan Juni 2020.

Baca Juga :  Memiliki Peran Penting, Ketahui 7 Hal Terkait Trailing Stop Saham Melalui Uraian Ini

2. Nama Menjadi Sean Bank Indonesia

Pada awal tahun 2021, Sea Group telah resmi menjadi pemilik dari Bank Kesejahteraan Ekonomi yang sudah didirikan sejak tahun 1992. Kemudian untuk dimanfaatkan sebagai bagian dari visi dan misi Sea Group, terdapat perubahan nama Bank Kesejahteraan Ekonomi menjadi Seabank Indonesia. Selain itu, situs web untuk Seabank telah disediakan secara resmi.

3. Pemegang Saham oleh Dua Perusahaan

Sejak Bank BKE saham dibeli oleh Shopee melalui Turbo Cash dan diubah namanya menjadi Seabank Indonesia, kepemilikan saham dibagi dua. Melalui situs web yang sudah disediakan khusus untuk Seabank Indonesia, terdapat dua perusahaan yang menjadi pemilik saham Seabank Indonesia. Ada PT Danadipa Artha Indonesia dan ada PT Koin Investama Nusantara.

Jika PT Danadipa Artha Indonesia memiliki saham sekitar 97,25 persen, maka PT Koin Investama Nusantara memiliki saham sekitar 2,75 persen. Kedua perusahaan tersebut sebenarnya merupakan pemilik saham utama dan terbesar dari Bank BKE sejak awal sebelum dibeli oleh Grup Shopee. Selain itu, kedua perusahaan tersebut melakukan tugasnya sesuai ketentuan Shopee.

4. Diubah Menjadi Bank Digital

Hal yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui terkait Bank BKE saham yang dibeli oleh Shopee adalah perubahan menjadi bank digital. Secara sederhana bahwa rencana Shopee untuk menciptakan sebuah bank digital telah ada sejak lama dan kemudian direalisasikan melalui Bank BKE. Walaupun begitu, proses penciptaan bank digital ini memerlukan bantuan OJK.

Baca Juga :  Informasi Tentang Harga Saham Indomie dan Hal-Hal yang Berkaitan Berikut Perlu Diketahui Dahulu

5. Memerlukan Modal Minimal Rp10 Triliun

Melanjutkan dari yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, proses pembuatan bank digital Shopee perlu dilakukan melalui pengajuan proposal ke OJK. Selain itu, untuk memenuhi impian Shopee dalam membuat bank yang sepenuhnya digital, diperlukan modal setidaknya sekitar Rp10 triliun melalui OJK. Selain itu, diperlukan setidaknya satu kantor yang dikhususkan untuk bank.

Penjelasan tentang fakta penting yang terkait dengan Bank BKE saham yang diakuisisi oleh Shopee di atas dapat dijadikan pengetahuan baru. Terdapat fakta terkait adanya perubahan nama dari Bank BKE menjadi Seabank Indonesia dan ada pula terkait daftar perusahaan pemilik saham. Selain itu, BKE juga dibeli untuk diubah menjadi bank digital.

Check Also

6 Ciri Cincin Emas Asli yang Mudah Diperhatikan dengan Mata Telanjang

Emas menjadi salah satu bentuk investasi fisik yang banyak disukai oleh masyarakat. Tingkat resiko yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *