Tidak Ingin Rumah Disita Bank BTN? Coba Beberapa Prosedur Ini secara Tepat

Sekarang ini, layanan pinjaman atau kredit yang disediakan oleh beberapa bank termasuk Bank BTN memang semakin ramai untuk dijadikan pilihan. Hanya saja, dalam beberapa kondisi, nasabah melakukan pembayaran kredit secara terlambat sehingga rumah disita Bank BTN itu mungkin saja terjadi. Walaupun begitu, terdapat beberapa prosedur yang mencegah rumah masing-masing disita.

Secara garis besar, terdapat beberapa prosedur yang bisa dilakukan oleh nasabah dari BTN jika mengalami kondisi yang telat membayar kredit. Terdapat prosedur yang bisa dilakukan dengan melakukan perpanjangan tenor kredit dan ada prosedur yang berkaitan dengan mengajukan restrukturisasi ke BTN. Jika ingin tahu secara detail, maka simak uraian berikut ini:

1. Melakukan Over Credit

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh setiap nasabah jika memiliki kemungkinan bahwa rumahnya akan disita oleh bank adalah over credit. Secara sederhana, proses over credit ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan pada ketentuan yang dimiliki oleh Bank BTN sehingga dapat berhasil. Proses pengajuan over credit juga dilakukan melalui bantuan customer service.

Proses over credit dapat dilakukan dengan memindahkan layanan kredit yang dimiliki kepada nasabah lainnya yang memang sedang membutuhkan layanan kredit. Selain itu, nasabah juga dapat memilih jenis bank atau layanan kredit lainnya sebagai pilihan utama untuk over credit yang diinginkan. Over credit dapat dilakukan dengan memilih kredit dengan bunga rendah.

Baca Juga :  Ketahui S&K Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bank BRI Melalui Penjelasan Ini!

2. Mengajukan Perubahan Jadwal Pembayaran

Jika ada kemungkinan bahwa rumah disita Bank BTN, maka sebaiknya lakukan prosedur lainnya yang disebut dengan perubahan jadwal pembayaran kredit. Prosedur yang disebut juga dengan istilah rescheduling ini dapat dipraktikkan dengan mudah melalui bantuan dari layanan customer service di BTN. Selain itu, lakukan perubahan jadwal yang memang disesuaikan dengan kondisi.

3. Mencoba Permohonan Restrukturisasi

Selanjutnya ada prosedur yang tidak kalah penting untuk dicoba oleh nasabah BTN untuk mencegah datangnya surat peringatan dan penyitaan rumah. Proses pengajuan restrukturisasi tersebut dapat dilakukan dengan melakukan perubahan pada beberapa persyaratan terkait layanan kredit yang dipakai di Bank BTN. Misalnya, nasabah dapat mengajukan keringanan terkait setoran selama setiap bulan.

4. Membuat Perjanjian Baru dengan Bank

Kemudian ada prosedur lainnya yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh nasabah khusus kredit jika tidak ingin rumah disita Bank BTN. Setiap nasabah dapat mencoba untuk membuat perjanjian yang baru dengan pihak Bank BTN atau disebut juga dengan prosedur reconditioning kredit. Prosedur ini memberi kesempatan kepada nasabah untuk mengubah beberapa hal.

Misalnya, nasabah dapat membuat perjanjian baru terkait layanan kredit seperti jangka waktu yang baru ataupun jadwal yang baru untuk membayar. Secara sederhana, nasabah dapat melakukan perubahan struktur pula seperti yang diajukan melalui prosedur restrukturisasi namun dalam kategori yang lebih luas. Salah satu contohnya adalah perubahan kredit berjangka menjadi kredit angsuran.

Baca Juga :  Cara Melaporkan Penipuan Bank BTPN dengan 5 Metode

5. Memperpanjang Tenor Kredit

Terakhir, ada jenis prosedur yang tetap dapat dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi untuk dicoba oleh nasabah kredit dari Bank BTN. Prosedur ini dapat dilakukan dengan cara yang tidak kalah mudah dengan menyiapkan beberapa berkas terkait kredit sebelum mengunjungi pihak bank. Selain itu, perpanjangan tenor kredit dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Meskipun begitu, proses perpanjangan tenor kredit masing-masing tetap perlu disesuaikan dengan ketentuan tenor dari Bank BTN. Oleh karena itu, setidaknya cari referensi dahulu terkait ketentuan tenor yang ada.

Memanfaatkan kredit termasuk yang disediakan dan ditawarkan oleh Bank BTN memang dapat memberikan dampak pada penyitaan barang ketika telat membayar. Walaupun begitu, kemungkinan rumah disita Bank BTN dapat diatasi dengan beberapa prosedur pilihan yang sudah dijelaskan melalui uraian di atas. Ada prosedur untuk restrukturisasi dan ada prosedur untuk perpanjangan tenor.

Check Also

Ketahuilah Biaya Over Kredit Rumah di Bank BTN dari Penjelasan Berikut Ini

Mempunyai rumah idaman adalah impian bagi semua orang, namun hal tersebut adalah hal mewah bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *