6 Ciri Cincin Emas Asli yang Mudah Diperhatikan dengan Mata Telanjang

Emas menjadi salah satu bentuk investasi fisik yang banyak disukai oleh masyarakat. Tingkat resiko yang lebih rendah bila dibandingkan dengan melakukan investasi saham dan reksadana menjadi salah satu alasan dibaliknya. Salah satu yang banyak disukai dan dicari tentu saja adalah cincin.Tentunya pembelian cincin ini juga akan berada pada kebutuhan yang berbeda setiap orangnya. Nah, lalu bagaimana sih cara mengetahui ciri cincin emas asli? Simak di bawah ini:

1. Tidak Berubah Warna

Ciri cincin emas asli sebenarnya sudah terlihat dari warna yang ada pada kepingan emas. Hal ini pun juga bisa dibuktikan dengan cara menggosok salah satu bagian pada cincin untuk mengetahui apakah ada perubahan pada warnanya atau tidak.

Silakan gosok salah satu sisi pada cincin menggunakan jari. Nah, apabila ada perubahan yang terjadi pada warna cincin maka, dapat dipastikan bahwa cincin tersebut adalah palsu.

2. Tidak Menempel Pada Magnet

Hal lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui cincin emas asli atau tidak adalah pendekatan terhadap magnet. Secara harfiah ternyata emas asli tidak akan menempel pada magnet bila didekatkan. Nah, untuk itu sebagai pemilik cincin emas, tidak ada salahnya untuk mencoba mendekatkan cincin pada magnet. Hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui cincin emas tersebut asli atau tidak.

Baca Juga :  5 Saham MNC Group Paling Populer untuk Investasi

3. Tidak Meninggalkan Bekas Pada Benda yang Digoreskan

Mengetahui ciri cincin emas asli lainnya adalah dengan cara menggoreskan pada benda mati seperti keramik, batu bahkan kertas. Hal ini bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengetahui cincin tersebut asli atau palsu.

Apabila saat digoreskan, cincin tersebut meninggalkan bekas berwarna hitam maka, bisa dikatakan bahwa cincin tersebut adalah palsu. Hal ini akan berlaku sebaliknya bila cincin tersebut asli maka, cincin emas tidak akan meninggalkan bekas.

4. Memiliki Suara yang Nyaring

Satu hal lain yang bisa dijadikan referensi untuk mengetahui ciri cincin emas asli atau tidak adalah dengan mengatur tingkat suara pada benturan emas. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membenturkan cincin emas dengan benda logam lain. Nantinya apabila cincin emas tidak menghasilkan bunyi atau hanya mengeluarkan bunyi yang tidak terlalu nyaring maka, cincin tersebut bisa dibilang tidak asli. Hal ini akan berlaku sebaliknya bila cincin tersebut asli. Suara dari cincin emas yang berbenturan dengan benda logam akan menghasilkan bunyi yang lumayan nyaring dan lebih lama.

5. Tidak Ada Reaksi dengan Cairan Asam

Cairan asam juga bisa dijadikan pembuktian untuk mengetahui ciri-ciri dari cincin emas asli atau tidak. Silakan coba teteskan cairan yang bersifat asam pada salah satu sisi cincin. Nantinya apabila cincin mengeluarkan gelembung-gelembung kecil maka, bisa dipastikan bahwa cincin tersebut adalah palsu. Hal ini karena pada dasarnya emas tidak akan memiliki reaksi apapun terhadap cairan asam.

Baca Juga :  Yuk Simak Cara Mengetahui Kadar Emas dengan Kode yang Tertera

6. Memiliki Sertifikat Asli

Pembuktian paling gampang yang bisa didapatkan tentu saja melalui sertifikat emas. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melihat sertifikat menggunakan sinar ultraviolet. Nantinya akan ada garis minor yang menunjukkan keaslian dari sertifikat. Ciri lain yang bisa dilihat juga memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan uang kertas. Biasanya logo dari perusahaan pencetak dari sertifikat asli juga akan tampak timbul pada sertifikat emas yang dilihat menggunakan sinar ultraviolet.

Nah, itulah tadi ciri cincin emas asli yang bisa dibuktikan sendiri dengan mudah. Pembuktian ciri-ciri ini bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya penipuan yang bisa saja terjadi pada saat pembelian emas. Melalui keenam cara diatas merupakan sedikit dari berbagai jenis pembuktian yang bisa saja dilakukan oleh pemilik cincin emas.

 

Check Also

Bank BKE Saham Diakuisisi oleh Shopee, Simak Faktanya Melalui Ulasan Ini!

Pada masa sekarang, sebagian besar orang telah memanfaatkan layanan baik deposito ataupun kredit yang telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *