Ikuti Prosedur Tentang 7 Cara Cek Keaslian Emas Mini Berikut agar Berhasil

Pada masa sekarang, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mencoba aktivitas baru seperti investasi melalui berbagai media seperti emas mini. Walaupun begitu, masih banyak yang tidak mengetahui secara detail terkait dengan cara cek keaslian emas mini agar terhindar dari penipuan. Oleh karena itu, informasi tersebut merupakan salah satu informasi penting.

Secara garis besar, terdapat beberapa persamaan prosedur yang dapat dilakukan untuk proses pengecekan emas mini dengan jenis emas yang lainnya. Walaupun begitu, terdapat pula cara khusus misalnya melalui suatu aplikasi yang dapat diunduh dahulu melalui perangkat yang dimiliki. Untuk mengetahui prosedur pengecekan tersebut secara detail, simak uraian di bawah ini:

1. Merendam Selama Beberapa Waktu

Prosedur pertama yang dapat dicoba adalah dengan merendam emas mini yang dimiliki dalam gelas yang berisi air selama beberapa waktu. Proses pengecekan ini memerlukan benang agar emas yang dicek berada dalam keadaan digantung kemudian dapat dilihat perbedaan kandungan air. Pengecekan tersebut bertujuan untuk melihat aspek kepadatan yang ada pada emas.

2. Memeriksa Cap pada Emas

Kemudian ada cara lainnya yang tidak kalah mudah untuk dipraktikkan terutama jika memerlukan bukti keaslian dalam waktu yang memang mendadak. Setiap pemilik jenis emas mini ini dapat memanfaatkan cap yang seharusnya sudah ada dan diletakkan secara legal sebelum pembelian produk. Cap dalam berbagai variasi tersebut biasanya terletak di bagian bawah.

Baca Juga :  Tidak Perlu Bingung, Begini 7 Cara Mencairkan Tabungan Emas di Shopee Secara Tepat

3. Memanfaatkan Aplikasi Bernama CertiEye

Selanjutnya ada aplikasi yang dapat diunduh kemudian dimiliki dengan mudah untuk cara cek keaslian emas mini yang jangan sampai dilewatkan. Aplikasi yang dikenal dengan nama CertiEye tersebut dapat dimiliki baik oleh perangkat Android ataupun Apple sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ditambah lagi, aplikasi tersebut dapat dimiliki tanpa harus membayar biaya.

Secara sederhana, proses pengecekan jenis emas mini melalui aplikasi ini dapat dipraktikkan dengan melakukan proses scan melalui barcode. Jika produk emas tersebut ternyata asli, maka dapat diperoleh hasil scan seperti authenticated.

4. Menggesekkan Emas dengan Keramik

Terdapat prosedur lainnya yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk dicoba oleh pemilik emas mini yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Setiap pemilik emas hanya perlu menggesekkan produk emas yang dimiliki ke benda seperti kertas ataupun keramik kemudian menunggu beberapa waktu. Kemudian silakan mengecek apakah memang terdapat bekas dari gesekan tersebut.

5. Menggunakan Bantuan Tetesan Asam

Jika memerlukan jenis cara cek keaslian emas mini yang lainnya, maka silakan coba cara kelima ini ketika memiliki banyak waktu. Proses pengecekan jenis emas ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan asam nitrat yang kemudian perlu dilarutkan terlebih dahulu bersama dengan air. Tunggu selama beberapa waktu dan silakan cek perubahan warna emas.

Baca Juga :  Perhatikan Dahulu Beda Emas Antam dan Pegadaian Berikut Ini, Jangan Sampai Salah Pilih!

6. Mengunjungi Toko Emas Terdekat

Sementara di sisi lain, terdapat jenis cara pengecekan yang tidak kalah mudah untuk dipraktikkan hanya dengan mengunjungi toko emas terdekat. Prosedur ini dapat menawarkan kelebihan berupa hemat tenaga untuk melakukan pengecekan secara langsung melainkan dapat memakan waktu yang banyak. Selain itu, proses tersebut dapat dilakukan oleh petugas yang memang ahli.

7. Menguji Emas dengan Gigitan

Terakhir, ada jenis cara yang jangan sampai dilewatkan untuk dicoba dengan tidak kalah mudah bahkan oleh para pemula terkait emas. Setiap orang dapat melakukan pengecekan keaslian pada tipe emas mini masing-masing yang dimiliki hanya dengan bagian tubuh yang sudah dimiliki. Cukup gigit emas yang dimiliki kemudian ketahui apakah ada bekas.

Uraian tentang prosedur yang dapat dicoba untuk mempraktikkan cara cek keaslian emas mini di atas dapat dimasukkan ke dalam rekomendasi. Setiap cara di atas dapat dijadikan sebagai pilihan utama dengan disesuaikan pada kondisi dan kebutuhan yang dimiliki terutama persoalan waktu. Ada cara melalui aplikasi khusus dan ada melalui bekas gigitan.

 

Check Also

Bank BKE Saham Diakuisisi oleh Shopee, Simak Faktanya Melalui Ulasan Ini!

Pada masa sekarang, sebagian besar orang telah memanfaatkan layanan baik deposito ataupun kredit yang telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *