Berikut Ini Cara Menghitung Indeks Harga Saham Gabungan dengan Mudah

Memahami IHSG bagi investor akan menjadi hal yang penting dan harus dimengerti. Pemahaman ini penting dilakukan karena akan berhubungan dengan pergerakan harga saham yang akan berpengaruh pada keuntungan investor. BEI sendiri menggunakan Indeks Harga Saham Gabungan jadi  sistemnya. Cara menghitung Indeks Harga Saham Gabungan juga menjadi salah satu highlight tentu harus dipahami.

Sistem yang digunakan oleh BEI ini merupakan suatu sistem yang digunakan untuk memperhitungkan rerata saham di Bursa Efek Indonesia. Perhitungan ini sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua yaitu price weight serta simple weight. Nah, lalu bagaimana cara menghitungnya? Simak di ulasannya berikut ini:

1. Mengetahui Nilai Pasar

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh investor saat akan menghitung IHSG adalah mengetahui nilai pasar pada suatu trend. Nilai ini penting diketahui karena nantinya akan digunakan sebagai salah satu variabel hitung dalam rumus. Nilai pasar ini bisa temukan dengan cara mengalikan jumlah saham dengan harga pasar.

Variable pertama ini menjadi variabel penting yang harus diketahui karena baik weight price maupun simple weight akan menggunakan variable ini. Hal inilah yang membuat investor akhirnya harus mengetahui terlebih dahulu Nilai pasar supaya perhitungan bisa dilakukan.

Baca Juga :  7 Daftar Saham Gorengan Terbaik yang Bisa Dijadikan Pertimbangan

2. Mengetahui Nilai Dasar

Hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengetahui cara menghitung Indeks Harga Saham Gabungan adalah mengetahui nilai dasar. Sama seperti nilai pasar, nilai dasar juga penting diketahui karena nantinya akan digunakan dalam perhitungan. Nah, untuk mengetahui nilai dasar ini, investor bisa mengalikan jumlah saham saat hari dasar dengan harga di hari dasar.

3. Mengetahui Jumlah Masing-masing Saham   

Variabel lain yang perlu diketahui sebelum mulai memasukkan angka ke dalam rumus adalah jumlah masing-masing saham atau bisa disebut variabel Q. Jumlah saham yang tercatat ini merupakan jumlah saham yang akan digunakan untuk menghitung indeks harga.

Penggunaan variable ini sebenarnya bisa juga dihilangkan tergantung dari emiten yang memiliki saham. Hal ini terjadi karena tidak semua emiten akan menggunakan jumlah saham sebagai variabel untuk menghitung indeks harga.

4. Menghitung Menggunakan IHSG dengan Price Weight

Nah, pada tahap selanjutnya investor  bisa mulai melakukan perhitungan menggunakan rumus sederhana yang telah ditetapkan. Silakan hitung Indeks menggunakan rumus yang telah ada.Melalui perhitungan inilah nantinya IHSG akan bisa ditemukan. Pastikan bahwa setiap nilai variabel yang digunakan telah benar supaya perhitungan yang dilakukan akurat.

Baca Juga :  Berapakah Minimal Pembelian Saham BCA? Berikut Ulasan Lengkapnya!

Perhitungan harga saham menggunakan rumus lain juga bisa diaplikasikan menggunakan rumus Dow Jones. Rumus ini biasanya disebut dengan price weight. Pengaplikasian rumus ini menggunakan metode pembagian secara langsung tanpa dikalikan. Nantinya investor bisa langsung membagikan jumlah harga saham dengan nilai dasar untuk mendapatkan nilai indeks.

5. Menggunakan Simple Average

cara menghitung Indeks Harga Saham Gabungan yang juga bisa digunakan adalah menggunakan simple average. Rumus ini akan menggunakan perhitungan semua kapitalisasi pasar kemudian baru dibagi dengan nilai dasar dan tahap terakhir adalah mengalikan dengan 100.

Namun, kapitalisasi saham yang beredar di pasar ternyata memiliki beda dengan kapitalisasi yang ada pada BEI. Hal ini terjadi karena ternyata tidak semua saham akan diperhitungkan dalam perhitungan suatu indeks.

Nah, itulah tadi cara menghitung Indeks Harga Saham Gabungan yang biasanya digunakan oleh investor untuk mengetahui perkembangan harga dan trend saham yang tengah terjadi. Perhitungan ini nantinya akan digunakan untuk mengetahui keuntungan yang akan didapatkan dalam investasi.

Check Also

Inilah Analisa Saham RBMS Bagi Para Investor yang Harus Diketahui

Saham dapat diartikan sebagai bukti dari kepemilikan nilai seseorang atas sebuah perusahaan. Kepemilikan ini biasanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *