Berikut Ini Syarat Gadai Emas yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Pinjaman

Pegadaian merupakan salah satu solusi tepat bagi masyarakat untuk bisa meminjam uang. Lembaga yang berada dibawah naungan BUMN ini menawarkan tempat untuk memfasilitasi masyarakat dalam meminjam uang dengan syarat menggadaikan barang dengan nilai jual. Salah satu barang yang bisa digadaikan tentu saja adalah emas. Lembaga ini tentunya akan memberikan syarat gadai emas saat seseorang akan menggadaikan emas yang dimiliki.

Syarat ini akan berlaku sebagai aplikasi yang nantinya menjadi persetujuan pihak Pegadaian untuk meminjamkan uang. Nah, lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang ingin menggadaikan emas? Simak di bawah ini ulasannya:

1. Siapkan Barang yang Akan Digadaikan

Syarat gadai emas yang pertama tentu saja adalah memastikan barang yang akan digadaikan. Mencoba mencari tahu terlebih dahulu informasi valid tentang ketentuan emas yang bisa digadaikan adalah hal yang perlu dilakukan sebelum menggadaikan emas. Hal ini perlu dilakukan supaya nanti pihak Pegadaian akan menerima pengajuan yang telah diajukan.

2. Siapkan Kartu Identitas

Sama seperti persyaratan pada lembaga keuangan lainnya yang membutuhkan identitas nasabah sebagai penjamin, Pegadaian juga memberlakukan syarat ini. Identitas ini bisa berupa KTP, SIM maupun Paspor yang masih aktif. Pastikan bahwa kartu identitas yang digunakan juga milik sendiri supaya proses pencairan akan lebih cepat.

Baca Juga :  Perhatikan Dahulu Beda Emas Antam dan Pegadaian Berikut Ini, Jangan Sampai Salah Pilih!

3. Persiapkan Kartu Keluarga

Kartu Keluarga juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapat persetujuan pengajuan ke Pegadaian. Pastikan bahwa Kartu Keluarga yang digunakan merupakan Kartu Keluarga dalam versi terbaru. Hal ini harus dilakukan supaya nanti Pegadaian bisa melakukan evaluasi atas dokumen yang diajukan.

4. Isikan Formulir dari Customer Service

Tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengisikan formulir yang nantinya akan diberikan oleh customer service. Formulir ini biasanya akan berisi tentang keterangan identitas mulai dari nama, umur hingga keterangan pekerjaan. Silahkan isikan formulir tersebut dengan benar dan sesuai dengan kenyataannya.

5. Berikan Emas Kepada Customer Service

Apabila semua persyaratan diatas telah dipenuhi maka, selanjutnya nasabah hanya tinggal memberikan emas yang akan digadaikan. Berikan emas ini kepada customer service untuk selanjutnya diperiksa oleh petugas yang telah diberikan amanah. Keputusan persetujuan pengajuan pinjaman ini nantinya akan disetujui tergantung dari keaslian emas yang digunakan.

Melalui emas ini juga nantinya pihak Pegadaian akan menentukan berapa nilai pinjaman yang bisa diberikan kepada nasabah. Melihat hal ini tentunya bisa diketahui bahwa pinjaman dari Pegadaian merupakan bentuk pinjaman yang nilainya tergantung dari kondisi barang yang digadaikan.

Baca Juga :  Bank BKE Saham Diakuisisi oleh Shopee, Simak Faktanya Melalui Ulasan Ini!

6. Membayar Administrasi

Syarat selanjutnya yang harus dipenuhi oleh nasabah adalah membayar biaya administrasi. Nantinya pihak administrator akan memanggil nasabah yang bersangkutan untuk kemudian nasabah bisa membayar administrasi. Nasabah nantinya juga akan mendapatkan pinjaman setelah proses pembayaran administrasi ini selesai dilakukan.

7. Penuhi Syarat Lain

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memang mencari tahu terlebih dahulu tentang sistem pinjaman yang dilakukan pegadaian. Perlunya dilakukan hal ini karena nantinya bisa saja ada persyaratan lain yang harus dipenuhi tergantung dari model barang yang akan digadaikan. Hal ini juga akan berlaku pada saat nasabah akan menggadaikan emas.

Nah, itulah tadi syarat gadai emas yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan kesempatan pinjaman melalui Pegadaian. Persyaratan-persyaratan ini merupakan persyaratan dasar dan umum yang harus dipenuhi oleh nasabah.

Check Also

Bank BKE Saham Diakuisisi oleh Shopee, Simak Faktanya Melalui Ulasan Ini!

Pada masa sekarang, sebagian besar orang telah memanfaatkan layanan baik deposito ataupun kredit yang telah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *