Penjelasan Terkait Tenor Deposito Adalah Begini, Simak Sampai Habis!

Sekarang ini sudah banyak sekali para nasabah yang menyimpan uangnya dalam bentuk deposito pada bank tertentu. Penawaran tenor akan dibahas biasanya pada awal pembukaan rekening. Istilah tenor deposito adalah pernyataan yang dipakai untuk memastikan jangka waktu yang akan diambil. Supaya lebih jelasnya, simaklah ulasan berikut ini.

Apa itu Tenor Deposito?

Sebuah lembaga perbankan maupun bukan bank memberikan tenor deposito kepada para nasabahnya sebagai jangka waktu untuk melakukan pembayaran tabungan. Hal tersebut sebelumnya sudah sesuai dengan ketentuan dan juga beberapa prosedur yang diajukan oleh pihak bank. Jadi, pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditetapkan merupakan kesepakatan bersama.

Sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan nasabahnya, pihak bank membagi tenor deposito menjadi 2 yaitu, tenor dalam jangka panjang dan pendek. Lalu, apa maksud dari kategori tersebut? Berikut penjelasannya:

  • Jangka panjang maksudnya yaitu waktu pembayaran tenor deposito yang terbilang lama dimana, dimulai 3 sampai 20 tahun lamanya.
  • Jangka pendek merupakan pembayaran tenor deposito dalam waktu yang singkat dan cepat, dimana waktu tercepat yaitu 3 bulan.

Tenor deposito adalah produk yang ditawarkan bank, dimana nasabah akan melakukan setoran uang untuk disimpan dengan waktu yang telah ditetapkan. Penawaran waktu diberikan mulai dari 3 sampai 12 bulan, dimana hal tersebut berlaku untuk deposito jangka pendek. Bagi yang menggunakan jangka waktu panjang, tenor yang diberikan mencapai 36 bulan lamanya.

Baca Juga :  Ketentuan Bunga Deposito Bank Mega yang Wajib Diketahui Nasabah

Sejumlah suku bunga yang diterima berbeda dari tabungan pada umumnya, dalam deposito menyesuaikan tenor dengan kisaran 4 sampai 5 persen. Hal yang perlu diperhatikan bahwa pemberian bunga tersebut tergantung dari setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh tiap-tiap bank.

Suku bunga tenor deposito dibandingkan dengan inflasi yang terjadi, maka perbandingannya cukup jauh, yaitu hampir dari 20 persen. Alasan inilah yang mengakibatkan deposito dijadikan salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang dengan memanfaatkan tenor jangka panjang.

Tips Melakukan Investasi Berdasarkan Tenor Deposito

Terdapat beberapa poin yang bisa diperhatikan untuk dapat menghasilkan keuntungan sesuai dengan keinginan. Hampir sama dengan melakukan investasi pada instrumen deposito, beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan yaitu:

  • Memilih bank terpercaya.
  • Analisis dan pilihlah bank yang menyediakan suku bunga tinggi.
  • Ambil tenor terpanjang yang ditawarkan.
  • Memastikan bahwa bank yang dipilih telah terdaftar lembaga penjamin simpanan.
  • Hitung keuntungan dan pajak yang mesti dibatalkan.

Sejumlah Manfaat

Terdapat banyak sekali keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan tenor deposito. Hal itu terbukti dengan banyaknya nasabah yang beralih menggunakan deposito dengan tenor jangka panjang. Berikut manfaat yang dapat dirasakan yaitu:

1. Keamanan Tabungan Lebih Terjaga

Tujuan dari menabung yang banyak dilakukan oleh orang pada umumnya yaitu untuk keperluan seperti membeli hunian, pergi haji, dan sebagainya. Hal yang disayangkan jika menabung biasa, maka nasabah dapat menariknya sewaktu-waktu sehingga tujuan utama dari menabung tidaklah terlaksana.

Baca Juga :  Jangan Sampai Salah, 7 Hal Tentang Kredit Multiguna Bank Jateng Ini Perlu Diketahui

Sekarang dengan menggunakannya, sejumlah dana yang telah disimpan akan lebih aman dan tak mudah untuk diambil sebelum jatuh tempo. Jadi, memungkinkan tujuan utama dalam menabung bisa terpenuhi.

2. Termasuk Pilihan Investasi Termudah

Termasuk kedalam produk investasi yang mudah untuk dilakukan, karena hanya dengan menyimpan uang, nasabah sudah mendapatkan untung dari suku bunga. Keuntungan lainnya, jika jumlah dana yang disetorkan semakin besar, maka bunga yang diperoleh akan meningkat.

3. Minim Resiko

Resiko kegagalan dalam berinvestasi dengan menggunakan deposito jangka panjang terbilang rendah. Berbeda dengan jenis investasi seperti trading atau saham yang memerlukan analisa setiap waktunya, dalam deposito tidak diperlukan untuk memantau harga pasar.

Nah, tenor deposito adalah produk perbankan yang menawarkan pemberian jangka waktu untuk melakukan simpanan uang dengan ketentuan yang telah disepakati. Penyimpanan uang saat ini dapat rutin dan berkala dilakukan, dengan begitu pengelolaan terhadap keuangan dapat lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *