Begini Cara Mencairkan Deposito BNI dengan Mudah! Berikut Ulasannya

Investasi tak melulu soal saham ataupun trading, para nasabah BNI saat ini dapat memanfaatkan layanan deposito. Hal yang perlu untuk diperhatikan dan sering terlupa yaitu jangka waktu pencairannya. Terdapat beberapa cara mencairkan deposito BNI yang bisa dilakukan di antaranya yaitu:

1. Memastikan Deposito Jatuh Tempo

Cara mencairkan deposito BNI yang pertama kali harus dipastikan yaitu, memastikan bahwa masa jangka waktu deposito telah jatuh tempo. Pencairan sejumlah dana yang dimiliki pada investasi yang berbentuk deposito tidak bisa dilakukan secara mendadak. Terdapat waktu tertentu yang telah disepakati di awal.

Pada pembukaan rekening untuk deposito biasanya akan terdapat pilihan jangka waktu, dari yang paling singkat sampai yang panjang. Setelah menentukan hal tersebut maka setoran akan mulai berjalan dan selama waktu yang telah ditetapkan, maka dana tidak akan bisa diambil.

Sebenarnya terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan dari pencairan yang tepat pada waktu jatuh tempo. Sebab nasabah akan mendapatkan dana ditambah dengan profit. Nah, berikut adalah keuntungan yang akan diperoleh yaitu:

  • Terdapat tingkat resiko yang minim, dimana hal tersebut akan memberikan efek yang menenangkan bagi nasabah.
  • Sejumlah uang deposito dapat dipergunakan untuk jaminan jika ingin mengajukan kredit.
  • Mempunyai sejumlah setoran awal yang tidak membebankan.

Berbeda lagi ceritanya jika melakukan pencairan sebelum tanggal jatuh tempo. Nasabah berarti secara tidak langsung telah melanggar kesepakatan di awal, yang mana pada masa pembukaan rekening setiap jangka waktunya telah disepakati oleh nasabah. Berikut kerugian yang diperoleh yakni:

  • Perolehan suku bunga yang rendah.
  • Ada ketentuan yang harus ditaati, sehingga pencairan tidak bisa dilakukan seenaknya,
  • Terdapat pembayaran pajak mulai dari 7,5 juta yang mengikat 20 persen dari jumlah dana.
Baca Juga :  Pinjaman Tanpa Riba Bank Islam dan tentunya Halal

2. Membawa Bilyet Deposito

Bilyet atau surat sertifikat deposito termasuk kedalam salah satu persyaratan yang diberikan saat mengajukan pencairan dana. Jika Bilyet hilang maka akan mempengaruhi proses dari pencairan tersebut. Surat keterang hilang yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian dapat digunakan sebagai bukti pada pihak bank.

Kabar baiknya, meskipun surat bukti tanda kepemilikan tidak ditemukan, orang lan tidak bisa mengklaimnya. Segala urusan terkait pengambilan deposito mewajibkan pemilik asli untuk mengurusnya dan tidak bisa diwakilkan. Jadi intinya penggunaan bilyet mempunyai peranan dalam proses pencairan dana.

3. Menunggu Proses

Berikutnya hal yang dapat dilakukan yaitu dengan mengikuti semua alur dan prose dari pencairan dana tersebut. Pihak bank akan memberikan arahan serta beberapa formulir untuk mengajukan permohonan. Selanjutnya akan ada tahap lanjutan verifikasi terhadap dokumen dan berkas yang diberikan.

Baca Juga :  Suku Bunga Deposito Tertinggi ada Pada 5 Bank Ini!

Tunggulah hingga proses yang berlangsung selesai, jangan lupa untuk memastikan bahwa pengisian keterangan data diri dan berkas yang diberikan sesuai. Contoh dokumen yang diminta tersebut salah satunya e-KTP, sertifikat deposito, dan buku tabungan.

4. Penerimaan Slip

Berikutnya pihak bank akan memberikan beberapa slip di antaranya slip pencairan dana dan bunga. Isikan keterangan yang diminta di dalam slip tersebut dengan runtut, selanjutnya di bagian terakhir akan dimintai tanda tangan sebagai bentuk persetujuan. Pada kedua slip tersebut terdapat keterangan mengenai berapa jumlah dana yang dicairkan beserta bunga yang diperoleh.

5. Pencairan Deposito

Merupakan tahap akhir dalam proses pencairan deposito, dimana nantinya pihak bank akan mengirimkan sejumlah dana ke rekening. Jumlah dari uang yang dikirimkan sesuai dengan besarnya deposito yang selama ini dilakukan. Bunga  yang didapatkan juga menyesuaikan dengan keuntungan yang telah ditetapkan pihak bank.

Nah, itulah penjelasan terkait cara mencairkan deposito BNI yang dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang. Sebenarnya jika tak mau repot untuk ke bank para nasabah bisa juga mencarinya lewat situs online yang tersedia. Semua tergantung dari kenyamanan nasabah untuk melakukan pencairan.

Check Also

Adakah Cara Mengganti Nomor HP yang Terdaftar di Bank BNI secara Online? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Pengetahuan akan cara mengganti nomor HP yang terdaftar di bank BNI secara online adalah hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *