Yuk Simak Cara Mengetahui Kadar Emas dengan Kode yang Tertera

Emas merupakan salah satu benda yang dimiliki oleh seseorang utamanya kaum perempuan karena mempunyai harga jual mahal. Namun kadar setiap emas tentunya berbeda-beda. Olehnya itu, sebelum membeli emas sebaiknya tahu cara mengetahui kadar emas dengan kode. Cara mengetahuinya pun dapat dilihat berdasarkan dengan kode yang tertera.

Cara Mengetahui Kadar Emas Muda

Emas muda dapat diartikan sebagai perhiasan dengan kandungan emas hanya sedikit. Memang kandungan bahan emas tersebut sedikit dibandingkan dengan campuran logam yang nantinya digunakan dalam pembuatan perhiasan. Adapun cara mengetahui kadar emas mudah dengan melihat kodenya akan dibahas sebagai berikut:

1. Kode 150

Kode emas dengan 150 menandakan bahwa kadar emas yang dimiliki sebesar 15%. Memang kadar yang dimiliki tidak terlalu banyak sehingga nilai jualnya tidak mahal. Adapun pabrik yang memproduksi emas tersebut yakni King Halim. Biasanya nama dari emas ini yaitu GB150 dan dapat ditemukan pada perhiasan jenis kalung.

2. Kode 300

Untuk kode dengan 300, tingkat kadar dari emas yang dimiliki lebih banyak dibanding kode dengan 150. Adapun kadar yang dimiliki kode tersebut yaitu 30%. Emas dengan kadar 30% biasanya memiliki beberapa kode inisial. Dimana kode tersebut seperti LGT, M, RS, dan sebagainya. Kode ini bisa dilihat di bagian belakang emas dan tertera angka 30.

Baca Juga :  Ikuti Prosedur Tentang 7 Cara Cek Keaslian Emas Mini Berikut agar Berhasil

3. Kode 420

Ada juga emas dengan kode 420 yang dapat ditandai bahwa emas ini mempunyai kadar sebesar 42%. Untuk kadar dari emas tersebut sudah menyediakan dalam dua jenis yakni emas putih dan kuning. Seseorang bisa menemukan kode tersebut yang terdapat pada perhiasan kalung yang merupakan hasil produksi dari UBS.

Cara Mengetahui Kadar Emas Tua

Emas yang muda memang memiliki perbedaan dengan emas tua. Dimana emas yang tua tersebut merupakan kebalikan dari emas muda. Definisi emas tua yakni perhiasan dengan kandungan logam yang tidak banyak. Selain itu, kadar yang dimiliki tentu berbeda dengan emas yang muda. Berikut pembahasan mengenai cara mengetahui kadar emas tua menggunakan kode:

1. Kode 585

Kode dengan 585 yang digunakan menunjukkan bahwa kadar yang dimiliki sebesar 58,5%. Memang sesuai dengan pengertian emas yang tua bahwasanya kandungan dari bahan emas cukup banyak dibanding logam. Adapun kode lain yang biasa digunakan emas tersebut yaitu 14K585 jika membelinya di luar negeri.

2. Kode 700

Ada juga kode 700 yang terdapat pada perhiasan dan tentunya sangat populer di pasaran. Kadar bahan emas yang dimiliki perhiasan ini sebesar 70% dan biasanya diproduksi oleh UBS dan JR. Nilai jual perhiasan ini tentunya lebih mahal dibanding dengan perhiasan dengan kode 585.

Baca Juga :  Berikut Ini Syarat Gadai Emas yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Pinjaman

3. Kode 750

Kadar bahan emas yang dimiliki dengan kode 750 ini yaitu 75% yang diproduksi oleh perusahaan Prisma 750. Berbagai produk yang dihasilkan seperti cincin, gelang, kalung, dan anting. Emas tersebut pun bisa ditemukan masyarakat di pasaran namun dengan harga yang lebih tinggi dibanding kode lain.

4. Kode 958

Kode dari emas tua 958 ini termasuk kode dengan kandungan bahan emas yang banyak. Dimana kadar bahan emas yang dimiliki sebesar 95,8% dan tentunya jarang ditemukan di pasaran. Bahkan ada yang mengatakan bahwa emas tersebut hanya dapat ditemukan di daerah tertentu saja seperti Jambi dan Kalimantan. Karena daerah tersebut memang terkenal dengan daerah penghasil emas.

Inilah pembahasan terkait cara mengetahui kadar emas dengan kode baik itu emas yang muda maupun emas yang tua. Kedua jenis emas tersebut mempunyai kadar bahan emas yang berbeda sehingga banyak yang memilih menggunakan emas yang tua. Dengan alasan karena kadar bahan emas dari perhiasan tersebut cukup banyak namun harganya juga lebih mahal.

Check Also

Pilihan Menabung Emas di Bank dengan Berbagai Keuntungan

Saat ini, emas menjadi instrumen investasi yang banyak diminati mengingat keamanannya yang paling tinggi. Emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *