Apa yang Dimaksud dengan Deposito Berjangka? Simak Penjelasannya di Sini!

Produk deposito yang ditawarkan pihak bank terdiri dari beberapa jenis dan salah satunya adalah deposito berjangka. Produk deposito ini banyak dipilih karena dinilai cukup menguntungkan. Apa yang dimaksud dengan deposito berjangka itu? Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai produk tabungan deposito berjangka:

Pengertian

Deposito berjangka merupakan produk deposito dimana nasabah nantinya akan menyimpan uang dalam kurun waktu tertentu di bank. Uang tersebut akan terus disimpan dan tidak boleh diambil atau dicairkan oleh nasabah sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Jangka waktu penyimpanannya bisa beragam mulai dari 1 tahun, 5 tahun, bahkan ada juga yang sampai 10 tahun.

Tabungan deposito ini menjadi pilihan banyak orang untuk menyimpan uangnya. Dengan adanya aturan jangka waktu ini nasabah jadi bisa menyimpan uang dengan aman dan tidak tergoda untuk melakukan pencairan. Apabila nanti penarikan uang dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo maka nasabah bertanggung jawab untuk membayar penalti.

Produk tabungan ini juga sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang ingin mulai belajar berinvestasi. Selai dinilai aman, instrumen investasi ini juga bisa mendatangkan keuntungan. Selain itu deposito berjangka juga menerapkan sistem ARO atau Automatic Roll Over. Sistem ini memungkinkan jangka waktu deposito bisa diperpanjang secara otomatis.

Baca Juga :  Bayar Pajak Motor di Bank BJB Mudah dan Tidak Perlu Antre

Keuntungan Deposito Berjangka

Setelah paham apa yang dimaksud dengan deposito berjangka, mari cari tahu apa saja keuntungan dari produk deposito ini. Berikut adalah beberapa keuntungan menyimpan uang dalam bentuk deposito berjangka:

1. Sistem Mudah

Produk tabungan deposito berjangka ini sebenarnya menerapkan sistem yang mudah dan fleksibel. Jenis investasi ini banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin mencari jalur aman untuk menyimpan uang. Deposito berjangka diketahui punya nilai suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan produk perbankan lainnya. Nasabah juga tak perlu melakukan apapun dalam jenis investasi ini.

Prinsipnya mudah, semakin banyak uang yang didepositokan maka akan semakin banyak juga suku bunga yang nanti akan diperoleh. Konsep yang mudah ini sangat disukai oleh banyak orang. Selama ada dana yang bisa ditabung, maka nasabah bisa saja mendapatkan keuntungan tanpa harus melakukan apapun.

2. Uang Lebih Aman

Dana yang dimiliki nasabah akan tersimpan aman di dalam tabungan deposito berjangka ini. Saat memiliki uang, biasanya seseorang akan tergoda untuk menggunakan uang tersebut. Padahal pemakaian uang harus dilakukan secermat mungkin agar tidak merugikan diri sendiri. Penyimpanan uang dalam bentuk deposito berjangka ini akan sangat membantu menjaga keamanan uang tersebut.

Baca Juga :  Berapa Minimal Deposito di Bank BRI? Simak Ulasan dan Syarat Pembukaannya

Uang yang disimpan dalam bentuk deposito berjangka ini akan memaksa nasabah untuk tidak menggunakan uangnya. Uang otomatis akan disimpan oleh bank dan apabila nasabah ingin mengambil uang maka harus membayar denda atau penalti. Hal ini akan membuat nasabah untuk berpikir dua kali sebelum mencairkan dana depositonya.

3. Risiko Rendah

Deposito berjangka menjadi pilihan investasi yang bagus karena resikonya tergolong rendah. Dibandingkan jenis investasi lain, deposito berjangka ini sangatlah aman. Investasi bisa dijamin menguntungkan tanpa harus melihat pergerakan harga pasar seperti yang dilakukan di jenis investasi lain seperti investasi saham. Tak dibutuhkan ilmu khusus untuk berinvestasi lewat produk deposito ini.

Kini sudah dipahami apa yang dimaksud dengan deposito berjangka. Layanan deposito ini memang memberikan keuntungan investasi yang cukup memuaskan. Jika telah yakin untuk berinvestasi dalam bentuk deposito, maka pilihlah layanan perbankan yang terbaik dengan penawaran bunga tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *