Saham Vale Indonesia dan Pandangan Para Analis

Vale Indonesia adalah satu dari sekian banyak perusahaan yang masuk dalam pasar saham. Perusahaan ini merupakan perusahaan besar yang keberadaannya cukup diminati. Peminat yang dimaksud adalah dalam sektor saham perusahaan. Saham Vale Indonesia dipandang baik bagi banyak investor.

Hal ini tentu tidak lepas dari pandangan para analis handal yang menilai saham Vale di pasar saham. Bagi yang ingin mengalokasikan dana untuk investasi, maka perlu tahu perusahaan ini agar bisa dijadikan pertimbangan. Berikut beberapa hal mengenai saham perusahaan vale serta pandangan para ahlinya:

Sekilas Mengenai Vale Indonesia dan Sahamnya

PT Vale Indonesia merupakan perusahaan yang ada sudah cukup lama. Perusahaan ini ada pada bidang pertambangan yang keberadaannya cukup disegani. Berdiri sejak tahun 1968 dan mulai masuk pasar saham sejak tahun 1990. Kode yang dipakai perusahaan besar ini di pasar saham adalah INCO.

Kepemilikan saham ini paling besar dipegang oleh Vale Canada Limited. VCL memegang urutan kedua terbesar dalam peringkat dunia di bidang produsen nikel. Lalu perusahaan lain yang memegang saham paling besar adalah perusahaan asal Jepang yang juga masuk dalam dunia pertambangan. Sedangkan pemegang saham publiknya hanya sebesar 21,18%.

Kendati demikian, ada beberapa perusahaan asal Indonesia yang masuk dalam pemegang saham terbesar. Salah satunya adalah PT Indonesia Asahan Aluminium. Perusahaan ini memegang sebesar 20% dari keseluruhan saham yang ada. Angka ini dinilai besar bagi pemilik saham sekelas Vale Indonesia.

Baca Juga :  Proyeksi Kinerja Saham MD Pictures Sebagai Bahan Pertimbangan Investasi

Sama seperti saham perusahaan lainnya, saham Vale Indonesia juga sering mengalami kenaikan dan penurunan. Harga yang dipatok di pasar saham berada di kisaran 5 ribu rupiah hingga 6 ribu rupiah untuk setiap lembar sahamnya. Nominal ini bisa mengalami kenaikan dan juga penurunan yang tidak bisa diprediksi.

Pandangan Beberapa Ahli Tentang Saham Vale

Beberapa ahli analis telah mengemukakan pendapatnya tentang saham Vale Indonesia yang beredar di pasar saham. Secara garis besar, dua pendapat analis di bawah ini sama-sama merekomendasikan membeli saham Vale. Namun, alasan yang dikemukakan tentu berbeda. Maka dari itu akan dibahas secara tuntas pada pembahasan ini:

1. Menurut Isnaputra Iskandar

Isnaputra Iskandar adalah seorang analis dari sekuritas Maybank Kim Eng. Berdasarkan pandangannya, volume produksi yang dihasilkan Vale Indonesia mengalami perkembangan setelah sempat merosot. Turunnya nilai produksi ini disebabkan karena pemeliharaan yang dilakukan pada beberapa bagian.

Namun, hal itu hanya terjadi untuk satu kali waktu dalam satu kuartal. Selebihnya volume produksi terus mengalami kenaikan di setiap kuartalnya. Kenaikan ini bisa terus meningkat seiring bertambahnya waktu. Hal inilah yang menjadi alasan utama kenapa saham Vale bisa dibeli dan dipilih untuk alokasi dana.

Baca Juga :  Tertarik dengan Saham Sari Roti? Simak Penjelasan Berikut Ini!

2. Pandangan Dessy Lapagu

Analis ini berasal dari Samuel Sekuritas yang juga memberi pendapat tentang saham Vale. Berdasarkan penuturannya, saham Vale memang sempat mengalami penurunan karena nilai produksinya juga turun. Penurunan ini dikarenakan adanya pembangunan baru yang mengakibatkan molornya produksi.

Namun ada hal menarik yang muncul dari saham Vale, yaitu munculnya tren positif pada harga nikel. Kenaikan harga nikel akan terjadi dalam waktu dekat sehingga saham perusahaan Vale juga akan meningkat. Maka dari itu, Dessy memberi rekomendasi untuk membeli saham Vale sebagai alternatif pilihan.

Berbagai hal mengenai saham Vale Indonesia beserta padangan analis sudah dijelaskan di atas. Jadi bagi yang ingin mengalokasikan dana untuk saham, bisa memilih saham perusahaan Vale. Selain karena perusahaan yang besar dan pergerakan sahamnya yang baik, para analis juga menganjurkan untuk membelinya.

Check Also

Tidak Perlu Bingung, Begini 7 Cara Mencairkan Tabungan Emas di Shopee Secara Tepat

Sekarang ini, dapat dikatakan semakin banyak media seperti marketplace yang menyediakan layanan tabungan emas yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *