7 Perbedaan BMT dan Bank Syariah, Jangan Sampai Salah Paham!

Saat ini, memang tidak dapat dimungkiri bahwa tersedia berbagai lembaga yang mengurusi persoalan keuangan dengan praktik yang berdasarkan prinsip Islam. Bahkan saking banyaknya, tidak sedikit yang tidak mengetahui secara detail dan lengkap tentang apa saja perbedaan BMT dan Bank Syariah. Oleh karena itu, informasi tersebut merupakan informasi yang penting diketahui.

Pada umumnya, terdapat beberapa persamaan yang dimiliki oleh keduanya terutama dalam prinsip yang digunakan untuk praktik penyediaan layanan. Hanya saja, terdapat perbedaan mendasar antara keduanya yang sebenarnya dapat diketahui dan dipahami melalui berbagai aspek yang tidak kalah penting. Untuk mengetahui secara lebih detail, silakan simak uraian berikut ini:

1. Legalitas

Aspek pertama yang dapat secara jelas membedakan kedua jenis lembaga yang dimaksud dalam uraian ini adalah terkait legalitas yang dimiliki. Hal ini dikarenakan lembaga yang dikenal dengan nama BMT masih diatur secara umum melalui UU tentang koperasi dan berbeda level. Sementara Bank Syariah sudah memiliki UU yang secara khusus mengaturnya.

2. Tujuan

Kemudian terdapat aspek yang berkaitan erat dengan tujuan didirikannya kedua jenis lembaga yang termasuk berbeda tersebut sesuai kondisi yang ada. Secara sederhana, dapat dikatakan bahwa Bank Syariah lebih memiliki tujuan yang bersifat nasional dan terikat dengan kepentingan yang dimiliki negara. Sedangkan BMT lebih berfokus pada kondisi yang ada di sekitarnya.

Baca Juga :  Syarat Pinjam Uang di Bank Syariah dan Panduan Pengajuan Pinjaman

3. Modal

Untuk aspek yang menjadi perbedaan BMT dan Bank Syariah yang ketiga ini,  dasar yang dikaitkan dengan peraturan yang menaungi lembaga. Oleh karena itu, tidak heran jika ternyata jumlah modal yang dimiliki dan ditawarkan oleh Bank Syariah sejak awal berjumlah besar. Sementara BMT hanya berfokus pada modal yang disesuaikan masyarakat sekitar.

4. Fungsi

Terdapat aspek yang tidak kalah penting untuk diketahui terlebih dahulu yang dapat membedakan secara jelas lembaga BMT dan Bank Syariah. Aspek tersebut didasarkan pada setiap fungsi yang dimiliki oleh kedua lembaga yang tentu saja sudah ditentukan sejak awal sebelum dipraktikkan. BMT berfokus pada fungsi ganda sedangkan Bank Syariah yang sebaliknya.

5. Bentuk

Jika ingin mengetahui secara detail terkait dengan perbedaan BMT dan Bank Syariah, maka jangan sampai melewatkan perbedaan yang kelima ini. Masih berkaitan dengan peraturan yang menaungi keberadaan kedua lembaga sejak awal, kedua lembaga memiliki bentuk yang berbeda secara khusus. Bank Syariah sudah berbentuk perseroan sementara BMT belum mencapai bentuk tersebut.

6. Nisbah

Terdapat jenis perbedaan yang dapat diketahui selanjutnya agar tidak mengalami salah paham yang berkaitan dengan jumlah nisbah yang memang ditawarkan. Jika Bank Syariah memberikan nisbah yang memang dapat dikatakan memiliki jumlah yang besar, maka berbeda dengan yang ditawarkan oleh BMT. BMT hanya bisa menyediakan nisbah dalam jumlah yang lebih kecil.

Baca Juga :  5 Jenis Tabungan Bank Muamalat dan Kegunaannya

Ketentuan terkait nisbah yang disediakan oleh kedua lembaga tersebut didasarkan pada modal yang dimiliki. Apalagi keduanya memiliki legalitas dan bentuk lembaga yang memang berbeda.

7. Struktur

Terakhir, terdapat aspek yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui sebelum mencoba salah satu atau beberapa layanan yang disediakan oleh lembaga. Kedua lembaga memiliki struktur yang tentu saja berbeda yang mana struktur dari Bank Syariah dapat dikatakan lebih menyeluruh secara detail. Sementara BMT tidak dilengkapi dengan struktur bagian pengawasan yang sama.

Uraian mengenai apa saja perbedaan BMT dan Bank Syariah yang dijelaskan di atas dapat dijadikan pengetahuan sebelum memutuskan untuk memilih. Ada perbedaan yang dikaitkan dengan bentuk dari kedua lembaga yang didasarkan pada jenis peraturan yang menaungi keduanya. Selain itu, ada perbedaan yang terkait dengan persoalan keuangan tepatnya modal yang disediakan.

Check Also

Pinjaman Tanpa Riba Bank Islam dan tentunya Halal

Pinjaman dana merupakan salah satu alternatif dalam menyiasati adanya krisis keuangan yang menimpa seseorang atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *