Ketahui Cara Menerima Transfer Uang dari Luar Negeri Bank Mandiri Serta Manfaatnya

Bagi nasabah Mandiri sering bertransaksi atau mendapatkan penghasilan dari luar negeri, maka penting untuk mengetahui cara menerima transfer uang dari luar negeri Bank Mandiri. Dengan mengetahui cara ini, nasabah bisa lebih nyaman dalam menerima penghasilan yang berasal dari luar negeri.

Cara Menerima Transfer dari Luar Negeri

Layanan transfer luar negeri juga dikenal dengan sebutan remittance. Layanan ini bisa dinikmati bagi nasabah bank Mandiri maupun masyarakat umum yang tidak memiliki rekening Mandiri. Transfer dari luar negeri ke rekening Mandiri memang membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi bagi penerima transfer bisa mencairkan dana dengan cepat melalui teller bank.

Transfer uang yang dilakukan oleh nasabah di luar negeri ke rekening Mandiri pada umumnya diberikan dalam bentuk mata uang asing. Namun, nasabah Mandiri tetap bisa mencairkan dana yang telah ditransfer dalam bentuk rupiah. Untuk lebih jelasnya, ketahuilah cara menerima transfer uang dari luar negeri Bank Mandiri seperti berikut ini:

1. Datang ke Kantor Mandiri

Cara menerima transfer uang dari luar negeri Bank Mandiri yang pertama yaitu datang ke kantor cabang Mandiri terdekat. Jangan lupa untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu kemudian antri untuk menemui customer service.

2. Isi Aplikasi Penerimaan Transfer

Setelah mendapat giliran untuk menemui customer service, katakanlah bahwa tujuan datang ke kantor Mandiri untuk menerima transfer dari luar negeri. Customer service akan memberikan formulir atau aplikasi yang perlu diisi oleh penerima transfer. Selain data mengenai penerima transfer formulir ini juga akan menanyakan data pengirim transfer misalnya seperti jumlah uang, negara asal, serta nomor resi transfer.

Baca Juga :  Mengenal Pinjaman Bank Muamalat Pribadi dan Syarat Pengajuan

3. Cairkan Dana Transfer ke Teler Bank

Setelah formulir aplikasi telah diisi dengan lengkap customer service akan memberikan dokumen disposisi yang harus diserahkan kepada teler. Nah, dokumen ini hanya perlu diberikan nasabah ke teller untuk mencairkan dana transfer.

Meskipun pengirim mentransfer uang dalam bentuk mata uang asing, tetapi penerima tetap bisa menerima uang dalam bentuk rupiah. Dengan demikian, uang transfer yang dicairkan adalah rupiah.

Manfaat Layanan Transfer Luar Negeri Bagi Masyarakat

Salah satu manfaat dari layanan ini yaitu penerima transfer bisa mendapatkan atau mencairkan dana dalam mata uang rupiah. Jadi meskipun pengirim mentransferkan dan menggunakan mata uang asing, penerima akan menerimanya dalam bentuk rupiah.

Dengan begitu, dana hasil transfer tetap bisa digunakan untuk bertransaksi di Indonesia. Selain itu masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa dinikmati oleh masyarakat, antara lain yaitu:

1. Memudahkan Penerimaan Uang dari Luar Negeri

Dengan adanya layanan ini maka masyarakat akan semakin mudah menerima uang dari luar negeri. Layanan penerimaan transfer ini terutama sangat bermanfaat bagi seseorang yang mendapatkan penghasilan tetap dari luar negeri seperti pebisnis dan freelancer.

Baca Juga :  7 Hal Penting Tentang Program Bank Mandiri Taspen, Calon Nasabah Perlu Tahu Sebelum Mencoba!

2. Mudah dan Cepat

Proses pencairan dana hasil transfer juga dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu layanan ini bisa dinikmati oleh nasabah yang tidak memiliki rekening Mandiri dan sama sekali belum pernah melakukan transaksi di bank manapun.

3. Keamanan Sudah Terjamin

Keamanan dalam transfer luar negeri di bank Mandiri sudah tak perlu diragukan lagi. Baik itu keamanan bagi pihak pengirim maupun penerima transfer. Hal ini dikarenakan layanan ini praktiknya diawasi langsung oleh OJK.

Itulah cara menerima transfer uang dari luar negeri Bank Mandiri serta manfaatnya bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan layanan ini, masyarakat akan semakin mudah menerima uang dari kolega atau saudara yang sedang berada di luar negeri.

Check Also

Simak Cara Melihat Simulasi KPR Bank Mandiri dan Cara Mengajukannya

Simulasi KPR Bank Mandiri tentunya dibutuhkan oleh nasabah yang berencana membeli rumah. Dengan melihat simulasi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *