Layanan Bank Bina Artha yang Harus Diketahui

Bank Bina Artha merupakan suatu bank yang sudah besar dan memiliki banyak nasabah di Indonesia. Mungkin masih banyak yang belum tahu mengenai bank ini. Sebagai salah satu bank yang membantu masyarakat, Bina Artha memiliki visi misi yang jelas serta memiliki prinsip yang kuat. Jadi tidak perlu diragukan lagi.

Berbagai layanan juga sudah disediakan oleh Bina Artha agar bisa dipilih dan digunakan oleh masyarakat. Setidaknya ada tiga layanan yang ditawarkan dengan berbagai manfaat dan kemudahan dalam prosesnya. Berbagai hal ini akan dijelaskan secara rinci pada pembahasan kali ini. Berikut penjabarannya:

Seluk-beluk Bina Artha

Bank ini masih tergolong baru dengan tahun 2011 sebagai tahun pendiriannya. Sebagai salah satu bank yang akan bersinggungan langsung dengan masyarakat, bank ini memiliki visi misi yang jelas. Visinya sendiri adalah menjadikan masyarakat yang kesulitan akan dana menjadi mitranya. Sedangkan misinya adalah memberikan kemudahan akses dari segi pembiayaan.

Selain visi misi jelas, nilai-nilai yang dijadikan pedoman bank ini juga banyak. Ada transparansi, integritas, kerja sama tim, akuntabilitas, wajar, dan layak. Semua nilai ini termasuk kelebihan Bina Artha dalam menjalankan manajemen bank dan membantu masyarakat. Jadi masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan layanan di Bina Artha yang beragam.

Layanan di Bina Artha

Layanan yang disediakan dan ditawarkan oleh Bank Bina Artha ada tiga jenis. Semua jenis ini bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan setiap nasabah. Jika dilihat dari segi prosesnya, setiap layanan yang ada memberikan proses mudah dengan syarat yang tidak rumit. Simak penjelasan setiap layanan berikut ini:

Baca Juga :  5 Pilihan Produk Bank BJB Syariah yang Ditawarkan oleh Nasabah

1. Pinjaman Individu

Bagi yang memiliki UMKM perseorangan dan sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha, maka layanan ini bisa dipilih. Dana yang bisa didapatkan dari layanan ini adalah antara 8 sampai dengan 50 juta. Pemakaiannya juga bisa untuk berbagai hal, mulai dari pembelian peralatan hingga renovasi tempat usaha.

Agar mendapatkan usaha ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satu yang utama adalah usaha harus berjalan paling sedikit dua tahun. Sedangkan usia peminjam harus berada di kisaran 18 hingga 63 tahun. Asal usaha yang berjalan tidak ilegal, maka segala persyaratan yang ada bisa digunakan untuk pengajuan pinjaman.

2. Pinjaman Kelompok

Pinjaman yang disediakan layanan satu ini dikhususkan untuk perempuan yang menjalankan usaha kecil. Dana yang bisa diajukan mulai dari 2,5 juta hingga 7 juta rupiah. Jenis layanan pinjaman ini tidak memerlukan agunan sehingga sangat memudahkan peminjam. Karena sistemnya kelompok, jadi proses peminjaman hingga pembayaran juga diselesaikan secara kelompok.

Baca Juga :  Ketentuan Gadai BPKB Mobil di Bank BCA Ternyata Begini, Simak Sampai Habis!

Jumlah minimal untuk satu kelompok peminjam adalah 10 orang. Usia juga sudah ditentukan, yaitu antara 18 hingga 57 tahun. Berbeda dengan pinjaman individu, pinjaman kelompok sudah ditentukan jumlah angsurannya yang sebanyak 31 kali. Jadi tidak bisa memilih tenor pembayaran sesuka hati seperti di pinjaman individu.

3. Perlindungan Mitra

Layanan satu ini memiliki tujuan perlindungan pada mitra dari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Ada banyak jenis bantuan yang diberikan. Salah satu yang paling menonjol adalah pencegahan timbulnya hutang berlebih. Sehingga mitra bisa mengatur hutang yang dilakukan dengan bantuan Bina Artha.

Perancangan dan pendistribusian juga bisa diatur oleh Bina Artha agar mitra bisa mendapat perhitungan yang tepat demi kelancaran angsuran. Masih ada banyak keunggulan lain yang bisa didapat dari layanan ini. Mulai dari transparansi, perlakuan adil, hingga jaminan keamanan privasi mitra.

Itulah seluk-beluk Bank Bina Artha beserta penjelasan setiap layanannya. Jika dilihat secara rata-rata, semua layanan di Bina Artha adalah yang paling dibutuhkan masyarakat. Jadi penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berbagai jaminan yang ada juga bisa mengurangi keraguan mitra untuk memakai layanan Bina Artha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *