Kredit Bank Sulselbar Semakin Menggeliat di Berbagai Segmen

Pertumbuhan ekonomi di Sulawesi semakin meningkat seiring kehadiran bank tersebut yang memfasilitasi perekonomian di Sulawesi. Maka dari itu, nasabah yang berada di pulau tersebut harus mengenali kredit bank Sulselbar. Dengan demikian, nasabah bisa mendapatkan kemudahan dana pinjaman untuk berbagai keperluan.

Bahkan pertumbuhannya semakin bertumbuh. Tentunya didasari beberapa faktor. Kehadiran bank tersebut seperti angin segar bagi masyarakat yang berada pada wilayah tersebut untuk mendapatkan lembaga perbankan yang berkualitas. Simak penjelasan berikutnya

Sekilas Mengenai Bank Sulselbar

Makassar adalah kota sebagai pusat dari perkembangan bank tersebut karena awal pendiriannya di kota tersebut waktu tahun 1961 lalu. Awalnya pendiriannya adalah PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara, kini berubah menjadi BPD Sulawesi Selatan Sulawesi Barat. Kantor cabangnya di Jakarta untuk membantu aktivitas perbankan di kantor pusat. .

Bank  Sulselbar yang dimiliki oleh pemerintah daerah telah ditetapkan untuk mengubahnya dari  perusahaan dagang berubah sebagai perseroan terbatas karena modalnya  telah mencapai Rp 650 miliar. Bank tersebut akhirnya berubah menjadi perseroan terbatas pada tahun 2003.

Indonesia terdapat bank beroperasional dalam waktu lama. salah satunya bank tersebut. Meskipun demikian, bank Sulselbar itu sendiri baru mulai beraktivitas pada tahun 2003. Usia tersebut masih terhitung muda. Namun, Kredit Bank SULSELBAR  membuat nasabahnya berkembang cukup pesat, meskipun belum mencapai target.

Baca Juga :  5 Cara Tukar Uang Asing di BCA Yang Mudah Dilakukan

Fasilitas kredit yang terdapat pada bank tersebut meliputi kredit konsumtif serta kredit usaha produktif. Saat ini, kredit yang digunakan untuk usaha produktif dari bank ini mampu bersaing dengan bank pemerintah lainnya yang lebih besar. Hal tersebut membuat bank ini terus berkembang dan dipercaya oleh masyarakat.

Pertumbuhan Kredit Bank Sulselbar

Tahun ini merupakan tahun keemasan bagi bank Sulselbar karena berhasil mencatat laba hingga Rp200 miliar lebih. Hal tersebut membuktikan bahwa kredit bank Sulselbar tersebut diterima oleh masyarakat luas Tidak hanya dari segi laba, divisi lain bank ini turut mengalami peningkatan, berikut diantaranya:

1. Return of Asset

Nilai ROA bank tersebut terus mengalami peningkatan. Bahkan hal tersebut terjadi sejak pertama kali didirikan. Pertumbuhan nilai ROA terjadi secara signifikan hingga mencapai 5% setiap tahunnya. Pergerakannya perlahan tapi pasti. Hal tersebut yang membuat modalnya terus tumbuh.

2. Penghimpunan Dana

Dana yang dihimpun oleh bank tersebut, terus tumbuh bahkan hingga lebih dari 100% dalam bentuk giro. Tahun ini, dana yang dihimpun dalam bentuk tabungan dan tabungan berjangka mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Baca Juga :  Ketahui S&K Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bank BRI Melalui Penjelasan Ini!

3. Rasio Kredit

Dikarenakan aktivitasnya dalam pemberian kredit kepada masyarakat, sehingga erat kaitannya dengan NPL atau rasio kredit bermasalah. Bank tersebut berhasil menekan rasio kredit bermasalah hingga mencapai 1% dari tahun lalu.

4. Bunga Dividen

Dividen berhasil dibukukan oleh bank ini mencapai peningkatan hingga 8% dari tahun lalu. Hal tersebut membuat pemegang saham bank tersebut turut menuai keuntungan dari pertumbuhan bank ini. Terlebih, bank tersebut menawarkan kredit dengan bunga rendah.

5. Produk Kredit

Produk kredit yang ditawarkan oleh bank Sulselbar ini belum mencapai target yang ditetapkan yaitu sekitar 10%. Namun, bank tersebut berhasil meningkatkan produk kreditnya secara perlahan hingga mencapai 5%. Banyak pihak menilai optimis akan perkembangan bank tersebut terutama untuk kredit produktif.

Masyarakat yang bergerak dalam usaha kecil serta membutuhkan suntikan dana untuk usahanya, sebaiknya menggunakan fasilitas pinjaman di salah satu bank. Terutama untuk bank BPD sangat penting dipilih sebagai mitra untuk mengembangkan usahanya, salah satunya bank Sulselbar. Dengan demikian, masyarakat harus mengetahui fasilitas kredit bank Sulselbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *