Cara Cek Saldo E Toll Mandiri dengan Berbagai Langkah Mudah

Saat ini, pembayaran tol tidak perlu dengan uang asli dan bisa menggunakan e-toll. Bank Mandiri juga sudah dilengkapi dengan layanan ini. Mungkin karena layanan ini masih tergolong baru, banyak yang masih awam tentang cara cek saldonya. Cara cek saldo e toll Mandiri merupakan yang paling beragam di antara bank lainnya.

Hal inilah yang membuat banyak orang beralih menggunakan e-toll Mandiri dibanding dengan pembayaran dengan uang asli. Setidaknya ada lima cara mengecek isi e-toll yang bisa dipilih untuk digunakan. Kelima cara tersebut ada yang menggunakan ponsel, ada juga yang harus ke kantor Mandiri. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Cara Mengecek Menggunakan Aplikasi

Cara pertama ini termasuk yang paling praktis. Langkah pertama yang harus dilakukan hanya mengunduh dan melakukan pemasangan aplikasi bernama Mandiri E-Money Info. Kemudian masuk pada aplikasi yang sudah terpasang. Lihat menu notifikasi di ponsel dan temukan menu NFC. Jika ada, pencet saja hingga menyala.

Setelah menyala, buka aplikasinya dan tempelkan e-toll di kamera HP. Pastikan yang ditempelkan adalah logo NFC yang ada di kartunya. Maka akan muncul informasi saldo di layar ponsel secara rinci. Kebanyakan ponsel pintar sudah dibekali dengan menu NFC ini. Jika belum ada, maka bisa menggunakan cara cek yang lainnya.

2. Lihat Saldo dengan Bantuan Situs Mandiri di Internet

Internet banking juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek isi e-toll. Caranya mudah, masuk saja ke situs ib.mandiri.co.id di Google kemudian masuk ke akun pribadi. Jika sudah masuk, lihat menu utamanya dan cari menu “Uang Elektronik”. Pencet menu tersebut dan klik sub menu “Mandiri e-Money”.

Baca Juga :  Persyaratan dan Cara Ganti User ID BNI Mobile Banking dengan Mudah

Jika ingin melihat saldo e-toll, maka pencet saja “Informasi Saldo” yang ada dalam sub menu tersebut. Ketik nomor e-toll yang ada di kartu agar informasi bisa muncul. Pencet “Kirim” untuk mengakhiri proses. Setelah itu, semua informasi tentang saldo yang dimiliki akan keluar dengan sendirinya.

3. Menggunakan ATM Khusus untuk Cek Saldo

Selain dua cara yang bisa dilakukan dengan perangkat pribadi di atas, pengecekan saldo juga bisa dilakukan di ATM. Namun, ATM yang digunakan harus yang memiliki logo e-Money yang biasanya ada di bagian depan mesin. Tidak semua mesin memiliki hal ini. Jadi, pastikan dulu sebelum menggunakannya.

Caranya dengan memencet tombol hijau di barisan tombol mesin ATM. Kemudian cari menu “Mandiri e-Money” di jajaran menu. Ikuti perintah untuk menempelkan kartu di tempat yang disediakan. Lalu pencet “Informasi Saldo” di layar. Jika sudah, maka informasi mengenai saldo pribadi akan muncul dan bisa dilihat.

4. Datangi Bank Mandiri

Cara cek saldo e toll Mandiri keempat adalah mendatangi kantor Mandiri langsung. Cara ini bisa dilakukan jika semua cara di atas tidak bisa dilakukan. Datangi saja kantor Mandiri terdekat dan ambil nomor antrian. Tunggu hingga dipanggil dan datangi customer service yang ada. Minta pegawai yang menangani untuk mengecek saldo pribadi.

Baca Juga :  Syarat Pinjam Uang di Bank Syariah dan Panduan Pengajuan Pinjaman

Biasanya, pegawai yang bertugas akan langsung mengecek dengan alat khusus dan memberi tahu hasilnya pada nasabah saat itu juga. Jadi, pengecekan langsung di bank tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya saja jika antrean panjang, akan memakan waktu lebih lama dibanding pengecekannya.

5. Cek Jumlah Saldo di Minimarket

Minimarket terdekat biasanya juga memiliki alat khusus untuk mengecek saldo. Datangi saja gerai minimarket, kemudian minta tolong pada petugas kasir untuk melakukan pengecekan. Setelah  menunggu, informasi saldo yang ada akan diinfokan pada orang yang memiliki kartunya. Cara ini juga termasuk cara yang cepat untuk dilakukan.

Daftar cara cek saldo e toll Mandiri di atas bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Semua caranya sudah dijelaskan secara rinci dan bisa dijadikan acuan saat mempraktikkan. Karena sudah difasilitasi dengan banyak cara, jadi pengguna e-toll akan sangat dimudahkan jika ingin mengecek saldo pribadinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *