Daftar Bank Syariah yang Terdaftar di BEI serta Prospek Pergerakannya

Perusahaan bank berbasis syariah kini mulai melantai di Bursa Efek Indonesia. Tak kalah dari bank konvensional yang telah lebih dulu populer di BEI. Para investor bisa memilih bank syariah mana yang paling berpotensi memberikan keuntungan saham terbaik. Kali ini akan dibahas daftar bank syariah yang terdaftar di BEI agar bisa dijadikan sebagai referensi.

1. BTPN Syariah

Nama pertama di daftar bank syariah yang terdaftar di BEI ialah BTPN Syariah yang diketahui mulai melayani di bulan Juli 2014 lalu. Perusahaan bank ini dikenal sebagai bank yang berfokus pada pelayanan nasabah dari keluarga tidak mampu. Bank ini sudah memiliki reputasi dan track record yang baik di BEI dengan kode BTPS. Bank ini juga berfokus pada pemberdayaan nasabah serta karyawan sesuai dengan tagline-nya #bankirpemberdaya.

2. BRI Syariah

Perusahaan bank syariah yang satu ini merupakan anak dari Bank Rakyat Indonesia. BRI Syariah mulai memisahkan diri dan berdiri sendiri pada 16 Oktober 2008. BRI Syariah juga sudah cukup lama terdaftar di BEI. Tercatat perusahaan ini melakukan Initial Public Offering atau IPO pada tahun 2018 silam. Tak butuh waktu lama, begitu saham BRIS dibuka pada saat itu nilainya langsung naik sampai 19,61%.

Baca Juga :  Syarat Pinjam Uang di Bank Syariah dan Panduan Pengajuan Pinjaman

Kini, BRI Syariah telah melakukan merger dengan Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah. Ketiganya membentuk Bank Syariah Indonesia dan menggunakan kode BRIS di bursa efek. Kode BRIS ini tetap digunakan karena BRIS merupakan satu-satunya bank syariah BUMN yang telah memiliki status sebagai perusahaan terbuka.

3. Bank Panin Dubai Syariah

Nama selanjutnya yaitu Bank Panin Dubai Syariah yang juga sudah cukup lama melantai di BEI. Perusahaan bank syariah ini mulai mendapatkan izin untuk beroperasi pada tanggal 6 Oktober 2009. Bank syariah ini tercatat sebagai bank syariah pertama yang melakukan Initial Public Offering di pasar Indonesia.

Sempat mengalami stagnasi saat awal melantai di BEI, nilai saham PNBS ini terus meningkat. Perusahaan ini pun menjadi salah satu rekomendasi yang banyak dipilih oleh para investor saham. Diprediksi pergerakannya ke depan akan terus memuaskan dan menguntungkan.

4. Bank Net Indonesia Syariah

Perusahaan bank syariah berikutnya yang juga sudah melantai di BEI adalah Bank Net Indonesia Syariah atau BANK. Bank ini pada awalnya dikenal sebagai Bank Aladin Syariah sebelum akhirnya berganti nama. Perusahaan ini memiliki catatan yang cukup bagus di bursa efek. Pada awal tahun 2021, BANK mendapatkan penguatan saham sebesar 24,83% dan telah ditransaksikan menembus angka Rp55 miliar.

Baca Juga :  7 Perbedaan BMT dan Bank Syariah, Jangan Sampai Salah Paham!

Prospek Saham Bank Syariah

Pertumbuhan track record saham bank syariah di Indonesia cukup menarik untuk diikuti. Bank syariah yang terdaftar di BEI semakin menunjukkan pencapaian dan pergerakan yang sangat baik. Tentunya hal ini menjadi pembuka bagi para pengguna layanan perbankan berbasis syariah untuk berinvestasi saham.

Perlu diketahui juga bahwa minat masyarakat terhadap layanan perbankan syariah saat ini begitu tinggi. Layanan bank syariah semakin diminati dan diakui di Indonesia. Mulai dari jenis produk tabungan, investasi, hingga pinjaman dari bank syariah mulai banyak diminati karena dirasa menguntungkan. Apalagi saat ini ditambah performa bank syariah yang bergerak prima di lantai BEI.

Itulah pembahasan singkat mengenai daftar bank syariah yang terdaftar di BEI beserta prospeknya. Sebelum mulai berinvestasi, pelajari dulu daftar perusahaan yang terdaftar di BEI dan seperti apa pergerakannya. Lakukan analisis untuk menjatuhkan pilihan terbaik demi profit yang memuaskan.

Check Also

7 Perbedaan BMT dan Bank Syariah, Jangan Sampai Salah Paham!

Saat ini, memang tidak dapat dimungkiri bahwa tersedia berbagai lembaga yang mengurusi persoalan keuangan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *