5 Jenis Tabungan Bank Muamalat dan Kegunaannya

Bagi yang ingin menabung dengan konsep syariah, maka Bank Muamalat bisa dijadikan pilihan utama dengan banyak manfaat. Bank yang sudah ada sejak bertahun-tahun ini sudah memberikan banyak layanan pada nasabahnya. Jenis tabungan Bank Muamalat yang beragam bisa dijadikan pilihan untuk berbagai kebutuhan.

Setiap tabungan pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kegunaan dari setiap tabungan di Bank Muamalat juga terperinci dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Bagi yang penasaran dengan jenis tabungan di Bank Muamalat, pembahasan kali ini tentu akan sangat bermanfaat. Berikut daftar tabungannya:

1. Jenis Tabungan iB Muamalat

Tabungan jenis ini digunakan untuk memudahkan segala transaksi nasabah Bank Muamalat. Tidak hanya transaksi di dalam negeri, tapi transaksi luar negeri juga bisa. Ada banyak kelebihan dari penggunaan tabungan jenis ini. Salah satu yang paling menonjol adalah nasabah bisa membayar zakat secara online dengan iB Muamalat.

Tidak hanya zakat, pembayaran infak dan sedekah juga bisa dilakukan dengan tabungan jenis ini. Pembukaan tabungan iB Muamalat tergolong mudah dengan syarat yang tidak rumit. Pembiayaannya juga terjangkau dengan setoran awal sebesar 100 ribu rupiah saja. Kemudian untuk saldo minimumnya hanya 10 ribu.

2. Tabungan Bernama iB Muamalat Rencana

Jenis iB Muamalat Rencana bisa digunakan bagi yang ingin merencanakan masa depan. Jadi layanan yang diberikan khusus untuk mempersiapkan masa depan dengan tabungan yang dimiliki. Jika menggunakan tabungan ini, maka rencana keuangan akan lebih jelas dan tidak akan terganggu dengan kebutuhan lain.

Baca Juga :  Ketahui 7 Aspek Penting Terkait Deposito BCA Syariah Ini agar Tidak Salah Menentukan Pilihan:

Hal yang menonjol dari penggunaan tabungan ini adalah tanpa biaya administrasi. Jadi nasabah sangat diuntungkan dengan hal ini. Selain itu, asuransi keluarga sudah termasuk di dalamnya. Nasabah tidak perlu lagi membeli polis asuransi jika menggunakan tabungan jenis ini. Berbagai keuntungan ini bisa didapat hanya dengan mendaftar tabungan iB Muamalat rencana.

3. Jenis Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah

Bagi yang berencana untuk melakukan haji atau umrah, maka bisa melakukan setoran ke Bank Muamalat dengan layanannya. Hal ini sudah didasarkan pada keputusan kementerian Agama untuk bank penerima setoran haji. Soal keamanan tidak perlu diragukan lagi. Bank Muamalat sudah dipercaya selama bertahun-tahun.

Tabungan Bank Muamalat ini memang hanya dikhususkan untuk calon jamaah haji dan umrah. Jadi persyaratan yang diperlukan juga berbeda dari tabungan jenis lainnya. Biaya administrasi pada tabungan ini digratiskan jika memiliki saldo di atas 2,5 juta. Namun jika di bawahnya, maka akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah.

4. TabunganKu

TabunganKu memiliki fungsi yang lebih umum untuk digunakan masyarakat. Tujuan diluncurkannya tabungan ini adalah untuk membudayakan menabung bagi masyarakat. Jadi penggunaannya juga bisa untuk apa saja dan tidak berpatok pada satu tujuan. Sama seperti tabungan lainnya, untuk biaya administrasi juga digratiskan.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Bank BCA dari Berbagai Sisi

Persyaratan yang dibutuhkan untuk memiliki tabungan ini tidak banyak. Hanya perlu melengkapi berkas penting seperti identitas diri, mengisi formulir, dan membayar biaya awal. Pembukaan di awal hanya membutuhkan biaya sebesar 20 ribu. Nominal ini bisa dibilang sangat kecil dan masih terjangkau untuk masyarakat umum.

5. Jenis Tabungan iB Hijrah Valas

Kebutuhan nasabah tentu saja ada banyak jenisnya. Maka dari itu, Bank Muamalat juga menghadirkan tabungan iB Hijrah Valas yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi. Salah satu transaksi yang bisa digunakan adalah untuk investasi. Berbeda dari tabungan lainnya, tabungan ini menggunakan valuta asing.

Kelima tabungan Bank Muamalat di atas bisa dijadikan pilihan jika ingin menggunakan produk syariah. Setiap tabungan memiliki tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Karena jenisnya beragam, jadi nasabah bisa memilih sesuai kebutuhan dan keperluan. Bank Muamalat sudah menghadirkan berbagai kemudahan dalam jenis tabungannya.

Check Also

Persyaratan Membuka Deposito Bank Muamalat dengan Mudah

Deposito dapat diartikan sebagai simpanan yang dimiliki oleh seseorang dan biasanya disimpan di bank. Produk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *